Gaya Sneakers Abadi, Diminati Para Pesohor hingga Presiden Jokowi

Jakarta, Kirani – Gaya sneakers atau sepatu kets kini menjadi sihir dan sebuah keharusan dalam berbagai acara. Tidak ketinggalan juga diminati para seleb atau pesohor Indonesia yang sering mengadakan berbagai acara.

 

Seperti pada acara Malam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award, yang berlangsung di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada pertengahan Desember lalu. Malam itu tampak Novie Widianto, Glenn Fredly dan Tulus yang meraih penghargaan Kolaborasi Terbaik dengan album mereka bertiga Adu Rayu, mengenakan sneakers saat naik ke panggung untuk menerima penghargaan. Gaya ketiganya dalam balutan sneakers dan dan mengucapkan salam terimakasih langsung dielu-elukan para penonton.

 

Kemudian pada acara puncak perayaan ulang tahun Indosiar yang ke 25 pada 11 Januari 2020, jejeran artis yang menjadi bintang pengisi acara juga tampak gaya mengenakan sneakers. “Meski pakai busana formil, dipadu dengan sneakers jadi gaya yang asyik berada dibatas panggung bisa wira-wiri,” celetuk salah seorang artis pendatang baru pemenang kompetisi penyanyi dangdut di stasiun televisi ini.

 

Memang banyak yang meyakini tak hanya nyaman, sneakers juga sering menjadi pusat perhatian dari busana yang dikenakan. Saat ini sneakers seolah menjadi alas kaki “wajib” bagi setiap orang. Tak hanya kalangan pesohor atau atlit, bahkan Presiden Joko Widodo selalu mengenakan sneakers dalam setiap penampilannya.

 

Presiden Jokowi sepertinya tak ingin ketinggalan dengan tren sneakers yang juga digandrungi kalangan Milenial. Kabarnya, Kepala Negara yang sangat hobi dan mencintai musik metal ini memiliki sederet koleksi sneakers keren, mulai dari brand dunia hingga lokal.

 

Jokowi mengenakan sneakers saat meninjau pekerjaan tol menuju Pelabuan Patimban, Subang

 

Kegandrungan Presiden Jokowi dengan sneakers bukan tanpa alasan. Dalam berbagai aktivitas mbah kakungnya Jan Ethes dan Sedah Mirah ini memang sering mengenakan sneakers. Ketika tahun 2018, Jokowi mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Lagi-lagi penampilan Jokowi mencuri perhatian.

 

Ya, mantan Walikota Solo itu mengenakan sneakers hasil kolaborasi Pharrel Williams dan Adidas yakni, NMD Human Race. Dengan tampilan sederhana namun bersahaja, Jokowi memadukan penampilannya dengan kemeja putih dan celana kain berwarna hitam.

 

Tiga tahun sebelumnya pada Juni 2017 saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat, sempat mengunggah sebuah foto sepatu merek Nike LunarEpic Low Flyknit 2.

 

Bahkan suami Iriana ini mengatakan kesukaannya mengenakan sneakers bukan tanpa sebab. Menurutnya dengan bersneakers terasa lebih ringan dan lebih enteng. “Sehingga dengan sepatu ini blusukannya bisa semakin kencang,” kata pemakai sneakers nomor kaki 43 itu menjawab pertanyaan para wartawan tentang kesukaannya mengenakan sneakers.

 

Tak melulu dengan brand asing, soal sneakers alias sepatu kets, tampaknya ayah tiga anak ini juga memakai produk atau brand lokal. Dari sekian banyak koleksi sneakers milik Jokowi, sepatu running bernuansa hitam putih dari Nah Project lah yang kini paling sering dikenakannya.

 

Jokowi saat berkunjung ke Labuan Bajo

 

Ya, Nah Project merupakan brand sepatu lokal asal Bandung yang kini mulai dilirik oleh para sneakers head Indonesia, setelah salah satu produknya dikenakan oleh Jokowi. Yang menariknya lagi, pada seluruh produk dari Nah Project dibanderol dengan harga terjangkau yakni berkisar Rp400 ribuan.

 

Yang terakhir gaya menarik Pak Presiden kenakan sneakers ketika kunjungan kerja ke Labuan Bajo pada Senin, 20 Januari 2020. Dalam tugasnya kali ini, Presiden Jokowi melakukan melakukan Pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium yang dimulai awal tahun ini. Dan seperti biasa mengenakan kemeja putih yang lengannya digulung, celana hitam dan dipadu sepatu kets membuat Jokowi leluasa mengerjakan tugas pariwisata yang medannya alam terbuka. Bahkan saat naik kapal Pinisi dengan sepatu kets lebih membuat geraknya gesit dan gercep.

 

Memang sejak sneakers sering dikenakan Presiden Jokowi bahkan di lingkungan para menterinya juga memakai sepatu kets ini, banyak pendapat menganggap sneakers kini dikenakan sebagai pemersatu lintas usia, pembuka batas dan jarak. Artinya sneakers tak hanya sebatas produk inklusif tetapi kini memiliki kekuatan sebagai alat komunikasi dan diplomasi.

 

Menariknya lagi kini sneakers tak hanya sebatas sepatu olah raga yang dulu saat dikenakan hanya pada saat hari Minggu pagi. Kini sepatu kets dikenakan juga pada saat week days atau hari kerja. Bahkan trennya kini mengenakan sneakers dipadu dengan busana resmi, gaun bahkan kebaya. Untuk penampilan dan gaya hari ini, apakah Anda sudah siap kenakan sneakers?

 

 

Teks : Hadriani P | Foto : Instagram Presiden RI Joko Widodo

 

Facebook Comments