Disambut Antusias, 9000 Orang Berpartisipasi Dalam Indonesia Menari Virtual 2021

Jakarta, Kirani – Indonesia Menari Virtual 2021. Dari namanya tampak jelas kalau kegiatan ini digelar secara virtual, namun animo masyarakat terhadap acara tahunan ini begitu besar. Dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com, acara ini dimulai sejak 1 September 2021 dan kini telah memasuki babak semifinal. Dari semua, terpilih 100 peserta yang berhak memasuki babak semifinal yang berlangsung pada 25-29 September 2021. Lalu dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke 8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke 3.

“Walau diselenggarakan secara virtual, antusiasme para peserta dalam kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 tidak kalah tinggi dengan kegiatan Indonesia Menari sebelumnya yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari total pengunggah dalam babak penyisihan  yang mencapai lebih dari 9000 peserta dari keseluruhan kategori. Tak hanya itu, 85 persen merupakan peserta baru pertama kali mengikuti kegiatan Indonesia Menari dan berasal dari kota-kota seperti Aceh, Natuna, Baubau, Jailolo, Labuan Bajo, Nabire dan masih banyak lagi. Semoga kegiatan Indonesia Menari Virtual 2021 ini dapat semakin mendekatkan masyarakat dengan kesenian Indonesia, terutama seni tari dan membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat Indonesia untuk ikut memeriahkan babak final dari Indonesia Menari Virtual 2021,” ujar Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Didik Nini Thowok

Menggandeng 3 koreografer dari lintas generasi yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang sekaligus juga berperan sebagai juri utama, Indonesia Menari Virtual 2021 diperuntukan bagi para peserta individu atau perorangan yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu kategori A untuk  19 tahun ke atas, kategori B untuk 13 – 18 tahun, dan juga kategori C untuk 6 – 12 tahun.

Di babak semifinal ini, peserta akan membuat video berdurasi sekitar 60 detik dengan koreografi yang berbeda dengan babak penyisihan. Koreografi hasil kolaborasi dari tiga koreografer ternama tadi menggabungkan gerakan dari unsur tradisional dan modern dengan iringan lagu Lenggang Kangkung dari Jakarta hasil aransemen Eka Gustiwana. Para peserta diminta untuk mengenakan kostum etnik modern yang nyaman dan tidak mengganggu gerakan menari.

Eko Supriyanto mengungkapkan, “Ini merupakan kali kedua bagi saya untuk menjadi koreografer dalam Indonesia Menari, setelah sebelumnya saya menjadi koreografer dalam Indonesia Menari di tahun 2014. Senang sekali melihat kreasi dan antusiasme para peserta dalam kegiatan ini. Dengan memberikan sentuhan kontemporer bernuansa tradisi yang unik, kali ini saya diberi kesempatan untuk berkolaborasi bersama Didik Nini Thowok dan juga Ufa Sofura dalam menciptakan koreografi yang indah dan juga terbaik bagi Indonesia Menari Virtual 2021.”

Eko Supriyanto

Selanjutnya, babak final dari Indonesia Menari Virtual 2021 dapat disaksikan pada 10 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB melalui akun YouTube IndonesiaKaya. Para peserta dan juga penikmat seni  akan dihibur dengan penampilan dari Rizky Febian, Galabby, Louise serta Jane Callista. Kegiatan yang akan dipandu oleh Dimas Danang dan Feli Sumayku tersebut juga akan menghadirkan Asmara Abigail yang berperan sebagai sebagai juri tamu.

Indonesia Menari merupakan kegiatan tahunan dari www.indonesiakaya.com yang dimulai sejak tahun 2012.  Pada tahun 2019, Indonesia Menari sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. Pada tahun 2020 kegiatan ini terpaksa dibatalkan akibat pandemic Covid-19. Dan kini para pecinta tari dapat kembali berpartisipasi dalam acara tahunan ini secara virtual.

Teks: Setia Bekti  | Foto: Dok. Indonesia Kaya

Facebook Comments