Dibalik Suksesnya Brand Lokal Ada Wanita-wanita Tangguh dan Bertangan Dingin

Jakarta, Kirani – Menarik, membaca perjalanan kesuksesan seorang perempuan-perempuan Tangguh membangun usahanya sehingga menjadi besar. Apalagi, bila usahanya tersebut berhasil menopangi perekonomian keluarga-keluarga yang dimiliki para karyawannya. Seperti kisah Anita Hartono, Yenny Kusuma Hendra, dan Felicia Kurniawan. Yuk, kita simak!

Ada Sosok Anita Hartono Dibalik Suksesnya Mambucha.

Mambucha hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing. Ketertarikannya terhadap kombucha muncul ketika Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya.

Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandungan polifenol paling tinggi untuk merawat scoby. Pandemi menjadi awal bagi Anita membangun bisnis Mambucha untuk menyelamatkan nasib karyawan yang dimilikinya.

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90 persen didominasi perempuan dan yatim piatu,” kata Anita.

Pada tahun 2023, kata Anita, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas. Anita rajin memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat mengonsumsi kombucha terhadap kesehatan.

Mambucha aktif memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! serta kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman. “Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir enam kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50 persen terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” jelas Anita.

Kumala Home and Kitchen Hadirkan Keramik Buatan Tangan

Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur. Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal di mana 70 persen di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya. “Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70 persen berasal dari Tokopedia,” kata Yenny.

M231 Fesyen Lokal Berusia Lebih 23 Tahun

Tekad seorang Felicia Kurniawan yang berhasil membawa fesyen lokal, M231, bertahan hingga lebih dari 23 tahun, menghadirkan berbagai macam pakaian pria. Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70 persem di antaranya adalah perempuan. Pemilik Usaha M231 Felicia Kurniawan mengatakan meskipun M231 telah berdiri puluhan tahun, dirinya menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis.

“Kami rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia,” terangnya.

Hasilnya, kata Felica, setelah mengikuti WIB, penjualannya bisa meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Sementara berkat TopAds, penjualan M231 naik hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pakai fitur tersebut.

Meskipun identik dengan fesyen pria, M231 juga menghadirkan inovasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan, yang terdiri dari baju koko dewasa, gamis dan kaftan wanita, serta baju koko anak. Ramadan menjadi momen penting bagi M231 karena pada saat Ramadan, penjualan kami bisa naik signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Teks     : Galuh              |           Foto     : Tokopedia