BORU, Brand Fashion yang Peduli Lingkungan dan Budaya

Jakarta, Kirani – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan karya dan budaya. Namun sayang, seiring perkembangan zaman, kekayaan ini perlahan mulai terlupakan. Atas alasan itulah, PT. Toba Tenun Sejahtera mengangkat nilai-nilai budaya Batak pada peluncuran brand BORU, Kamis, 29 April 2021.


Berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin dan desiner, BORU memadukan aspek budaya dan fashion. Mengambil metode slow fashion, BORU berkomitmen untuk menjaga linkungan, kebudayaan lokal, dan kesejahteraan pengrajin untuk menciptakan perputaran ekonomi yang berkembang.


Sebaliknya fast fashion adalah sistem produksi masal untuk memproduksi tren fashion terkini, yang kerap menggunakan bahan kimiasi yang sulit terurai dan menghasilkan mikroplastik yang sulit terurai dan berdampak negatif pada lingkungan.


Memiliki arti ‘anak perempuan’ dalam bahasa Batak, BORU yang memulai perjalanannya pada Desember 2020, mengedepankan tema-tema tentang kemandirian para perempuan muda. Brand ini juga memiliki ciri khas selalu mengunakan kain tenun bermotif budaya Batak, hasil karya para pengrajin binaan, dalam setiap kreasinya, sebagai komitmen menjaga lingkungan hidup dan komunitas asal kain tersebut.


Koleksi busana Sindar

Sindar, Koleksi Perdana BORU

Pengenalan brand BORU ditandai dengan peluncuran koleksi pertamanya, yaitu Sindar yang berarti sinar. Makna dari penggunaan nama ini adalah bahwa setiap pemakai koleksi Sindar menjadi cahaya bagi orang-orang di sekitarnya, dan menjadi bagian dari siklus ekonomi karya lokal, yan gmembantu para artisan yang menciptakan koleksi ini.


Motif-motif yang digunakan, melambangkan tiga elemen penting dalam budaya Batak, yaitu sinar, harapan, dan rumah. Pola pada kain tenun terinspirasi dari konsep Mataniari (penghidupan) dan Gorga siTagan (saling tolong menolong).

Koleksi aksesoris Sindar


Sindar hadir dalam 3 kategori, Sindar Singgah – koleksi indoor, Sindar Binar – koleksi outdoor, dan Sindar Cita – koleksi khusus perempuan. Memadukan warna coklat dan biru dalam koleksinya, Sindar menampilkan gaya kasual yang down to earth. Corak tenunnya yang netral namun indah, berkesan modern dan kontemporer.


Sindar juga hadir sebagai aksesoris, seperti masker dan hand sanitizer, pouch, stationary pouch, agenda cover, gym bag yang praktis. Tersedia juga aksesoris cantik pelengkap rumah, seperti pillow cover.



Teks Setia Bekti | Foto BORU


Facebook Comments