Yuk, Kenali Jerawat Punggung! Mengatasi dan Menghilangkannya.

Jakarta, Kirani – Jerawat adalah masalah kulit umum yang terjadi pada pria dan wanita. Tapi bagaimana dengan jerawat punggung? Jerawat satu ini tidak semua orang mengalaminya.

 

Walau ukurannya kecil dan tak terlihat orang lain, tetap saja jerawat di punggung menimbulkan rasa tidak nyaman terutama bagi wanita yang ingin mengenakan busana backless. Berbagai cara rela dilakukan agar kulit menjadi sehat kembali. Namun sebelum mengobati, sebaiknya kenali dulu penyebab munculnya jerawat di punggung agar penanganannya lebih efektif dan tepat.

 

Tak jauh berbeda dengan jerawat di wajah atau area tubuh lainnya, jerawat di punggung disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini mengakibatkan bakteri terkumpul di bawah kulit. Jika ada peradangan, maka jerawat punggung bisa terjadi.

 

Seperti dilansir insider.com, terdapat tiga faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, yaitu kelenjar minyak terlalu aktif, berlebihnya sel kulit mati, dan pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab jerawat. Jerawat terbentuk saat tubuh kelebihan sebum atau minyak. Sebum bergerak ke atas folikel rambut untuk menambah kelembapan kulit dan rambut.

 

Medicalnewstoday menuliskan, kelenjar memproduksi minyak secara berlebih saat kadar hormon dalam darah naik. Pada saat yang sama, sel kulit mati yang tidak terkelupas dengan baik akan menyumbat folikel. Kombinasi proses ini membuat penumpukan minyak sehingga menghasilkan komedo putih dan komedo. Setiap orang mempunyai bakteri propionibacterium acnes yang hidup di kulit, tapi bagi sebagaian orang bakteri ini tidak menimbulkan masalah.

 

Butuh perawatan intensif dan serius di pusat kecantikan agar jerawat punggung hilang.

 

Penumpukan minyak pada kulit yang dialami oleh orang-orang yang rentan berjerawat menciptakan lingkungan sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan bintik merah atau nanah. Punggung mempunyai pori-pori yang lebih besar dan membuatnya lebih mudah tersumbat.

 

Perlu Serius Ditangani

 

Ada beberapa cara mudah dan efektif mengatasi jerawat di punggung yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengobati jerawat. Seperti dengan mandi yang rajin dan membersihkan kulit dengan scrub dapat dilakukan dengan sendiri. Selain itu, menggunakan bahan alami disarankan untuk pemilik jerawat punggung. Pilihan lainnya adalah lidah buaya untuk mengurangi peradangan serta ekstrak teh hijau untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

 

Konsumsi makanan yang bergizi, diwajibkan bagi mereka yang memiliki jerawat punggung. Namun jika jerawat yang muncul di punggung menimbulkan rasa sakit, mengeluarkan nanah, terasa benjolan keras, tak kunjung sembuh atau muncul kembali setelah beberapa saat, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis kulit agar kondisinya tidak semakin parah. Pengobatan yang lebih spesifik menggunakan produk dan peralatan canggih mungkin diperlukan untuk menangani kondisi ini.

 

Behati Skin Clinic adalah pusat perawatan kecantikan yang berada di Kota Surakarta, menjadi Klinik yang terkenal karena memberikan begitu banyak penanganan masalah kulit dan kecantikan. Ada berbagai treatment yang ditawarkan untuk penyembuhan jerawat. Begitu juga produk-produk yang digunakan, berkualitas dibawah pengawasan langsung dari dokter ahli.

 

Klinik BeHati menyediakan treatment Chemical Peeling untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati. Jadwalkan kunjungan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter berpengalaman di klinik tersebut. Di masa pandemic seperti saat ini, tentu saja protokol kesehatan diterapkan sebagai prioritas demi kenyamanan dan kesehatan pasien.

 

Teks   : Nana Kamil          Foto : Istimewa

 

Facebook Comments