VIO Optical Clinic Luncurkan Kampanye “PERMADANI : Periksa Mata Dari Dini”

Jakarta, Kirani – Mata adalah jendela dunia. Dengan mata yang sehat, kita mampu melihat dunia. Karenanya, penting sekali untuk menjaga kesehatan mata.

Mengingat hal tersebut, hasil survey VIO Optical Clinic terhadap 2.322 anak di 3 sekolah yakni sekolah SD/SMP PAHOA di Tangerang, Global Prestasi School di Bekasi, SD Negeri Jakasampurna 2 Bekasi, dan SDN 01 Menteng Jakarta Pusat, dimana sebanyak 40% murid belum pernah melakukan pemeriksaan mata dan 37% mengalami gangguan refraksi salah satunya myopia, tentu saja mengkhawatirkan. Jika kondisi ini dibiarkan, WHO memprediksi 50% dari penduduk dunia akan mengalami myopia atau rabun jauh (mata minus) pada 2050[1].

Sebagai komitmen pencegahan dan penanggulangan kasus kesehatan mata anak di Indonesia, VIO Optical Clinic sebagai optical clinic yang profesional dan terpercaya, menghadirkan kampanye “PERMADANI” (Periksa Mata Dari Dini) untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan anak tentang kesehatan mata menjadi lebih berkualitas dalam penglihatan dan memiliki kehidupan yang lebih cerah di masa depan.

Susana, Head of Marketing VIO Optical Clinic, menyatakan kekhawatirannya terhadap hasil survey tersebut, mengingat di rentang usia tersebut anak anak memasuki sekolah dasar dan periode tersebut merupakan tahap perkembangan yang penting secara fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang tentunya akan melibatkan seluruh panca indera, salah satunya adalah mata.

“Untuk itu, melalui kampanye ‘PERMADANI’ ini VIO Optical Clinic berinisiatif untuk mendorong masyarakat melakukan pemeriksaan mata sedari dini secara berkala di tempat perawatan mata yang profesional dan terpercaya untuk mendeteksi masalah penglihatan lebih cepat agar bisa mendapat perawatan yang lebih baik,” ujar Susana.

Konsultasi kesehatan mata di VIO Optical Clinic

VIO Optical Clinic merupakan optical clinic pertama yang menyediakan treatment vision therapy yakni solusi masalah penglihatan tanpa operasi, tanpa penggunaan obat-obatan, dilakukan secara alami dan aman digunakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam terapi kontrol myopia, VIO Optical Clinic memiliki 2 pilihan, yakni terapi Ortho-k dengan tingkat efikasi 80% untuk menghambat laju minus dengan membentuk ulang kornea mata menggunakan lensa kontak khusus Ortho-K, dan produk lensa kacamata kontrol myopia MiYOSMART dengan teknologi D.I.M.S yang efektif menahan kenaikan mata minus hingga 60%. Kedua terapi ini efektif dilakukan pada anak dan remaja untuk mencegah kenaikan mata minus yang terlalu tinggi pada masa pertumbuhan.

Selain itu, VIO Optical Clinic merupakan satu-satunya optik di Pulau Jawa yang menyediakan fasilitas terapi kontrol myopia menggunakan optical biometry, yang berfungsi untuk mengukur panjang bola mata pasien dan memprediksi pertumbuhannya untuk mengetahui tingkat kenaikan mata minus pasien dimasa yang akan datang. Jadi dengan alat ini dan ditunjang dengan kontrol rutin, diharapkan bisa segera mencari solusi yang tepat untuk mencegah pertumbuhan myopia sejak dini.

Lensa MiYOSMART; Lensa Ortho-K

Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS selaku Founder & Chief Doctor VIO Optical Clinic memaparkan, “Beberapa gangguan mata yang sering dialami anak-anak adalah kelainan refraksi, amblyopia (mata malas), konjungtivitis serta yang paling banyak adalah myopia. Semakin cepat masalah mata ditemukan, semakin cepat juga anak bisa mendapatkan perawatan dan dukungan yang dibutuhkan.”

“Data menunjukan bahwa terdapat peluang 81% gangguan penglihatan dapat dihindari jika diagnosis dan diobati sejak dini.[2] Hal ini tentunya menjadi perhatian kami agar masyarakat bisa turut serta dalam upaya pencegahan gangguan kesehatan mata dengan rutin melakukan pemeriksaan minimal 6 bulan sekali di tempat yang tepat,” tambah dr. Andri.

Berdasarkan riset dan survei yang dilakukan, banyak anak yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah penglihatan. Banyak masyarakat baru merasakan urgensi untuk melakukan pemeriksaan bila mulai mengalami penglihatan yang rabun atau gejala lain yang tak biasa. Beberapa kendala seperti kurangnya akses terhadap informasi dan fasilitas kesehatan khusus mata juga menjadi salah satu faktor kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mata.

Hal ini diamini oleh Vibriyanti, Founder Komunitas Smartsmumsid dan orang tua dari pasien myopia anak. “Saya mungkin adalah satu dari sekian banyak orang tua yang awalnya kurang peduli pada kesehatan mata anak sampai mengalami sendiri ternyata anak saya terdeteksi myopia. Sejak itu saya mulai mencari berbagai informasi dan akses fasilitas kesehatan khusus mata yang terpercaya dan memiliki layanan yang cukup lengkap agar bisa mendapatkan perawatan yang terbaik untuk anak saya.”

VIO Optical Clinic juga didukung oleh dokter spesialis mata (opthamologist) yang bekerja sama dengan dokter optometri pertama dan satu-satunya yang tersertifikasi secara internasional dengan gelar Fellow of the American Academy of Optometry (FAAO) dan Fellow International Association of Low Vision Specialist (FIALVS) yakni Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS.

[ki-ka] Vibriyanti – Founder komunitas Smart Mums ID, dan orang tua pasien myopia therapy di VIO (MiYOSMART); Dodi Rukminto Amd.RO, S.T., M.M. – Managing Director PT HOYA Lens Indonesia; Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS – Founder dan Chief Doctor VIO Optical Clinic; Susana – Head of Marketing VIO Optical Clinic

“Saat ini hanya terdapat kurang dari 5000 dokter mata yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Rumah sakit khusus mata juga masih sangat sedikit, bahkan persebaran dokter mata di rumah sakit umum juga belum merata. Meskipun optik sudah mulai ada di hampir setiap daerah, namun optik yang didukung dengan dokter spesialis mata masih sangat jarang. VIO Optical Clinic adalah salah satu optik yang memiliki dokter spesialis mata dan dokter optometri,” lanjut dr. Andri.

Sejalan dengan upaya membantu menuju masa depan cerah tanpa hambatan, HOYA Vision Care sebagai perusahaan lensa kacamata global terdepan mendukung kampanye “PERMADANI” dengan menyediakan teknologi inovatif untuk menangani masalah mata terutama perkembangan miopia dengan solusi mudah dan non-invasif melalui lensa kacamata MiYOSMART yang tersedia di VIO Optical Clinic.

“Tentunya kami sangat mendukung kampanye yang diluncurkan oleh VIO Optical Clinic karena sejalan dengan misi HOYA Vision Care melalui inovasi terkininya, MiYOSMART, untuk mengurangi tingkat pertumbuhan myopia di Indonesia khususnya anak-anak. HOYA Vision Care telah menjadi mitra bagi para profesional perawatan mata selama lebih dari 80 tahun dan telah hadir di berbagai belahan dunia salah satunya di Indonesia dengan membawa berbagai inovasi produk lensa kacamata untuk membantu masyarakat mendapatkan penglihatan yang lebih baik,” ujar Dodi Rukminto Amd.RO, S.T., M.M., Managing Director PT HOYA Lens Indonesia

Sepanjang liburan sekolah ini, VIO Optical Clinic menyediakan berbagai penawaran menarik, diantaranya potongan harga sebesar Rp 788,000 untuk Paket Myopia (Frame Richie dan lensa MiYOSMART untuk anak) serta souvenir menarik untuk pembelian Lensa Ortho-K dan kacamata hingga 31 Juli 2024.

Teks: Setia | Foto: dok. VIO Optical Clinic


[1]  Holden B. A. et al. Global Prevalence of Myopia and High Myopia and Temporal Trends from 2000 through 2050. Ophthalmology. Mei 2016;123(5):1036-1042

[2] https://www.who.int/multi-media/details/eye-care-infographic