Tips Menjaga Wajah Tetap Awet Muda

Jakart, Kirani – Wajah merupakan aset yang sangat berharga bagi setiap orang, terutama kaum hawa. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kondisi wajah, mulai dari lingkungan, polusi udara, stres, pola makan, dan sebagainya. Tanpa disadari hal-hal tersebut dapat membuat wajah kita kehilangan kekenyalannya, hingga akhirnya terjadilah penuaan dini.

 

Pada usia 20 tahun, mungkin Anda masih tenang karena kulit wajah masih sangat kenyal, bahkan pada beberapa orang, lemak bayi seperti masih tersisa. Namun ketika angka 20 mulai mendekati 30, disitulah kita mulai waspada. kerutan mungkin belum muncul, namun garis halus mulai menghias wajah. Untuk itu, mulailah perbaiki gaya hidup, simak beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunda hadirnya kerutan-kerutan di wajah :

1. Bersihkan wajah sehabis aktivitas di luar

Meski selalu menggunakan mobil pribadi, apakah Anda dapat menjamin wajah tidak terkontaminasi polusi dan debu? Jika tidak maka biasakan untuk selalu membersihkan wajah setiap kali selesai melakukan aktivitas di luar dan kembali ke rumah. Tak hanya membersihkan wajah dari debu, tetapi juga mengangkat sisa-sisa kosmetik yang menempel di wajah seharian.

 

2. Gunakan tabir surya

Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah sinar matahari. Tabir surya atau sunblock berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Saat kulit terlindungin tabir surya, paparan sinar matahari akan terpantul sebelum mengenai kulit dan sinar UV akan terblokir sehingga tidak meresap ke kulit. Sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan terbakarnya lapisan kulit luar tidak akan mengenai kulit.

 

3. Oleskan krim anti aging

Sekarang ini beredar begitu banyak krim anti-aging di pasaran. Mulai menggunakan krim anti-aging yang sesuai untuk kondisi wajah. Krim anti-aging untuk Anda yang berusia 20-an tahun tentu berbeda dengan yang berusia 30-an tahun. Jenis kulit juga mempengaruhi pemilihan krim. Untuk kulit kering, sebaiknya pilih krim yang sifatnya ringan dan tidak menyebabkan pengelupasan. Struktur kulit yang kering lebih rapuh dari jenis kulit lainnya. Sementara bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilih krim yang berbasis mineral dan air, serta bebas minyak. Produksi minyak berlebih di wajah akan menyebabkan keriput dan flek hitam muncul lebih awal. Sedangkan untuk kulit normal atau kombinasi, pilih krim yang bisa menjaga kelembaban kulit.

 

4. Konsumsi suplemen dan vitamin
Selain melakukan pencegahan dari luar, lakukan juga perawatan dari dalam  untuk hasil maksimal. Suplemen dan vitamin E sangat dibutuhkan kulit agar tetap ternutrisi, vitamin A tidak hanya untuk kesehatan mata yang juga berpengaruh bagi kulit untuk mencegah penuaan. Maka lengkapi kebutuhan vitamin setiap hari agar kulit tidak kekurangan nutrisi.

 

 

5. Konsumsi buah dan sayuran

Tinggalkan junk food! Atau setidaknya kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran pada tiga waktu makan Anda. Ganti cemilan Anda dengan buah. Daripada mengonsumsi gorengan yang akan menyebabkan minyak berlebih pada wajah, lebih baik konsumsi pisang yang memberi rasa kenyang lebih lama, atau apel yang mengandung Vitamin A untuk membantu proses regenerasi kulit dan vitamin C untuk membantu memproduksi kolagen yang dapat mempertahankan kekenyalan kulit.

 

6. Olahraga teratur

Olahraga teratur tak hanya baik untuk kesehatan jantung, juga dapat membantu memelihara kekencangan kulit. Selain itu juga dapat mereduksi kotoran yang bersembunyi di bawah pori untuk keluar bersama keringat.

 

7. Tidur cukup dan berkualitas
Setelah semua hal di atas Anda lakukan, jangan lupa untuk tidur. Tidur malam selama 7-8 jam tidak hanya baik untuk melekasasi pikiran, tetapi juga baik untuk kulit, karena tidur merupakan waktu bagi kolagen beregenerasi. Maka berilah cukup waktu agar kulit dapat memproses kolagen yang akan mencegah penuaan kulit.

 

 

Teks : Tya Handayani     Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments