Terkesan Kuno? Ini Lho Manfaat Mandi Kembang

Jakarta, Kirani – “Mandi kembang dulu sana, biar dikerumunin cowo-cowo ganteng!” atau “Mandi kembang gih, biar dagangannya laris!”

 

Pernah dengar lelucon seperti ini? Atau pernah melemparkan joke ini ke teman dekat? Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalami diledek seperti ini oleh teman?

 

Ritual mandi kembang memang merupakan tradisi warisan nenek moyang. Ritual yang kerap berkaitan dengan upacara adat ini seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti memandikan keris atau kereta pusaka, dan sebagainya. Padahal, kalau mau ditelusuri, banyak lho manfaat dari ritual ini. Mau tahu apa saja? Yuk simak.

 

1. Menghilangkan lelah

Rutinitas sehari-hari, dimana kita terkadang harus mengeluarkan keringat, disertai mobilitas yang cukup tinggi, tak heran bila tubuh kita mengalami kelelahan. Dalam kondisi lelah seperti ini, melakukan mandi kembang akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Keharuman yang memancar dari bunga-bunga yang digunakan, mampu melemaskan otot-otot yang kaku dan menghilangkan lelah yang berdiam di dalam tubuh.

 

2. Membangkitkan mood

Anda pernah mencoba aromaterapi? Aromanya yang lembut ada yang mampu menenangkan ada juga yang membangkitkan mood atau sebagai mood booster. Nah, begitupun dengan mandi kembang.  Wewangian dari bunga yang digunakan mampu membuat Anda merasa lebih nyaman, sehingga mood Anda yang mungkin sedang turun pun dapat dibangkitkan kembali.

 

3. Meredakan Stres

Segala permasalahan yang datang silih berganti, baik mengenai pekerjaan, urusan keluarga, atau masalah lain, tak ayal membuat kita menjadi stres. Mungkin ada berbagai cara yang Anda kenal untuk menghilangkan atau meredakan stres. Tambahkan mandi kembang sebagai salah satu alternatif pereda stress. Air hangat bercampur aroma bunga dijamin dapat memberikan ketenangan kepada pikiran Anda yang penat oleh berbagai masalah. Putar lagu-lagu kesukaan untuk menemani sambil Anda merendam tubuh di keharuman bunga, maka beban pikiran pun perlahan-lahan akan berkurang. Meski masalah itu masih tetap ada, namun dengan pikiran dan tubuh yang lebih tenang, akan lebih mudah bagi Anda menemukan solusinya.

 

 

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Setelah tubuh terasa lebih segar, pikiran tenang, tentu Anda juga dapat tidur dengan lebih nyenyak. Tak lagi diganggu oleh mimpi-mimpi yang diakibatkan segala permasalahan yang terus mengganggu alam bawah sadar Anda meski sedang tidur. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, Anda pun akan terbangun dalam kondisi segar keesokan hari, dan siap untuk menjalani aktivitas kembali.

 

5. Memancarkan aura kecantikan

Saat Anda merasa lelah dengan beban pikiran yang begitu mengganggu, maka kecantikan Anda pun seakan tertutupi awan kelabu. Namun dengan tubuh segar dan pikiran yang lebih jernih, disertai aroma bunga yang melekat di tubuh, maka aura kecantikan Anda pun akan memancar kuat, menggapai setiap orang yang melihat Anda.

 

6. Menyehatkan Kulit

Setelah sehari penuh melakukan aktivitas, terutama bila Anda harus berada di luar ruang, dimana harus terpapar sinar matahari, maka berendam air hangat yang dipenuhi aneka bunga di penghujung hari adalah pilihan tepat untuk mengembalikan kondisi kulit Anda. Harum wangi bunga beserta segala hal baik yang terkandung didalamnya, mampu mengusir segala kotoran dan mengembalikan kesegaran dan kesehatan kulit Anda.

 

Dari penjelasan di atas, jelas ya bahwa mandi kembang ternyata memiliki banyak manfaat positif. Jadi jangan lihat kuno ataupun mistisnya, tapi lihatlah manfaatnya untuk tubuh Anda. Yuk, mulai sekarang rutin melakukan mandi kembang untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

 

Teks : Setia Bekti         Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments