Jakarta, Kirani – Beauty dan K-lifestyle destination, iStyle.id menggelar International Beauty Fair sepanjang November 2021. Program International Beauty Fair oleh iStyle.id ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan minat akan produk kecantikan yang signifikan.
Amanda Citra Wibowo, Head of Beauty Products iStyle.id menyampaikan bahwa tingginya minat pelanggan akan produk kecantikan disebabkan karena pelanggan mulai terbiasa merawat diri dari rumah akibat pembatasan aktivitas di luar rumah saat pandemi
“Kebiasaan merawat diri ini pun ikut meningkatkan kesadaran mereka terhadap kandungan produk kecantikan yang digunakan. Untuk produk skincare khususnya, pelanggan mulai mengenal kebutuhan kulit mereka dan mempelajari active ingredients yang terdapat dalam produk serum atau essence. Kini produk tersebut menjadi salah satu rangkaian wajib dalam skincare treatment konsumen,” kata Amanda dalam keterangannya.
Menurut dia, kategori Beauty menjadi yang paling besar transaksinya. Produk kecantikan yang paling banyak dibeli pun cukup luas, mulai dari skincare, make up, dan body care untuk kurasi produk lokal dan internasional. Sedikit berbeda, untuk kurasi produk Korea, produk fragrance justru menjadi salah satu produk yang paling diminati setelah skincare dan make up.
Amanda menuturkan, untuk mendukung pelanggan membeli produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya, iStyle.id juga menghadirkan shopping journey yang mudah, lewat kategorisasi yang lengkap dan informatif. Untuk produk skin care, pelanggan akan mendapatkan produk yang dicari dalam sub-kategori yang membagi produk berdasarkan journey pelanggan melakukan skin care routine, yaitu kategori khusus pelembab, pembersih wajah, serum, masker wajah, hingga tabir surya.
“Dengan shopping journey tersebut, pelanggan juga teredukasi lewat manfaat dan kegunaan produk kecantikan yang hendak dibeli,” ujar Amanda.
Sementara itu Ardi Sudarto, CMO iStyle.id menambahkan, pada tahun 2021, iStyle.id juga mencatat produk Essence/Serum menjadi sub kategori produk kecantikan yang paling banyak dipesan (27% dari total transaksi produk kecantikan), diikuti oleh produk moisturizer dalam bentuk Cream, Balms, dan Oils (21% dari total transaksi produk kecantikan) untuk mempertahankan kelembaban kulit dan Toner (11% dari total transaksi produk kecantikan) untuk membersihkan sekaligus menyeimbangkan pH kulit.
“Produk skincare mendasar seperti pencuci muka ataupun pelembab, kini mulai bergeser ke arah yang lebih advance. Uniknya, tren ini tidak hanya terjadi di generasi dewasa saja, tetapi juga pelangan muda yang mulai meniti karir, dimana mereka mulai menyisihkan budget khusus untuk skincare regime mereka,” ungkap Ardi.
Meningkatnya pengetahuan dan kepedulian pelanggan terhadap kandungan produk skincare dan make up ikut mendorong brand untuk menghadirkan inovasi dalam produknya, yang akhirnya menjadi tren produk di tahun 2022 nanti. Produk hybrid yang menggabungkan manfaat make up dan skincare, produk dengan active ingredients, serta produk berbasis bahan alami, menjadi tiga produk yang akan tetap banyak digunakan oleh pelanggan di tahun 2022.
Program International Beauty Fair yang diselenggarakan oleh iStyle.id ini menghadirkan produk kecantikan dan skincare yang sangat beragam. Mengambil tema “It’s all about Beauty Deals & Trends”, iStyle.id memanjakan pelanggan dengan diskon dan tawaran terbaik dari 500 brand kecantikan, mulai dari skincare, make up, fragrance & body care, hingga hair care & tools.
Program International Beauty Fair ini diselenggarakan untuk mengakomodasi kebutuhan kecantikan konsumen dengan berbagai preferensi brand. Terdapat tiga subkategori di program IBF ini, diantaranya Worldwide Faves untuk pencinta brand internasional, Korean Haul dan Seoul Made Fall in Sale untuk pencinta brand Korea, hingga Local Pride untuk pecinta brand dalam negeri. Sehingga jelang akhir tahun ini, pelanggan bisa melengkapi beauty treatment mereka dan siap untuk menghadapi awal tahun mendatang dengan penuh semangat.
Teks: S WIDIA I Foto: Ilustrasi/Istimewa