Sambut Bulan Suci Dengan Koleksi Cantik dari Jakarta Fashion Trend

Jakarta, Kirani – Bulan Ramadan memang masih dua bulan lagi, tapi atmosfernya sudah mulai terasa, membuat banyak kaum muslim yang mulai bersiap menyambutnya dengan penuh suka cita.

Salah satu yang dilakukan tentunya menyiapkan busana-busana terbaik untuk dikenakan sepanjang bulan yang penuh berkah ini. Setelah pandemi berlalu, kegiatan buka puasa bersama tentu akan marak kembali, busana cantik untuk dikenakan di momen-momen spesial bersama  sahabat dan kolega, pasti penting donk.

Fenny Saptalia

Pada ajang Jakarta Fashion Trend yang digelar 11-12 January lalu oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC), beberapa desainer menampilkan koleksi terbaru yang cantik untuk menemanimu di bulan Ramadan, salah satunya adalah Fenny Saptalia dengan koleksi berjudul 1000 bulan.

Menampilkan warna hijau, kesukaan Rasululloh Muhammad SAW, berpadu warna soft pink yang diambil dari nama panggilan Siti Aisyah, Istri Rasullullah yang memiliki Julukan “Humayrah” atau kemerah-merahan. Style Feminine Romantic dengan motif printing yang diambil dari ornamen Timur Tengah, membuat total 6 looks dari koleksi ini terlihat anggun dan menawan.

Hannie Hananto

Ketua IFC Jakarta, Hannie Hananto, menghadirkan koleksi bertajuk “Perempuan” dan menampilkan teknik One Line Drawing, yaitu teknik menggambar suatu objek dengan satu garis kontinyu tanpa putus. Terlihat sederhana dan mudah namun ternyata sangat kompleks.

Hadir dalam bentuk gambar printing maupun bordir,  dalam warna-warna yang membumi, seperti maroon, creamy, dan hitam. Keseluruhan koleksi yang terdiri dari 6 koleksi wanita dewasa dan 7 koleksi anak-anak menampilkan cutting shirt dress, jacket, blazer, polkadot skirt hingga permainan kerut di koleksi celana.

Ina Priyono

Desainer Ina Priyono menampilkan desain yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari yang dinamis. Koleksi Mix and Match yang memadukan kain Tenun Troso Jepara, macrame, anyaman, dan linen dipercantik dengan sentuhan hand made aksesoris.

Hadir dalam warna-warna hitam, orange, kuning dan cokelat, dengan cutting longgar, keseluruhan koleksi terdiri dari 6 look, 3 longdress dan 3 atasan bawahan outer.

Chaera Lee

Terinspirasi dari film ‘Alice in Wonderland’ dan ‘Avatar 2’ Chaera Lee menghadirkan koleksi yang diberi judul ‘Waterway’, menghadirkan koleksi busana yang edgy namun tetap elegan untuk anak-anak. 

Tetap dengan ciri khasnya, Chaera Lee mengkombinasikan setiap look dalam koleksinya dengan Wastra Nusantara, yaitu kain Batik Cap bermotif Hujan dan Kembang Goyang. Kali ini ia menggunakan batik cap yang dikombinasikan dengan kain silk, katun, dan tulle bermotif polkadot. Warna navy blue, electric blue, dan putih. Detail frills dalam koleksi ini menggambarkan air yang mengalir. 

Najua Yanti x Vermint

Terinspirasi busana abad 18: late Victorian yang sangat romantis, koleksi Najua Yanti kali ini bergaya Feminin Romantic, sesuai dengan inspirasi Victorian, diterjemahkan melalui potongan bawah gaun berupa rok full (full skirt) yang flowy. Era Victorian diinterpretasikan menjadi busana romantic yang tetap terlihat chic dan kekinian, berupa gaun berlapis tulle dan outer ala Victoria.

Detail dengan pita ikat sebagai aksen, menghadirkan bunga-bunga dan dedaunan, serta awan-awan yang diaplikasikan dengan teknik sulam dan bordir, dikerjakan secara manual (hand crafted).

Warna-warna romantis seperti dusty teal, dusty pink dan gradasi-nya seperti dusty purple dan sage (hijau pupus) dengan sedikit sentuhan hitam dan putih dimaksudkan sebagai koleksi ‘kaya warna’ sesuai dengan temanya: taman bunga, mendominasi koleksi untuk Ramadhan-Raya ini.

Teks: Setia Bekti | Foto: dok. IFC

Facebook Comments