Peduli Penampilan, Produk Fesyen Paling Diminati Pelanggan e-Commerce

Jakarta, Kirani – Seiring meningkatnya jumlah transaksi online secara signifikan, online shopping pun kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Kemudahan dalam mencari, membeli dan menerima barang melalui berbagai metode pengiriman, serta banyaknya pilihan yang tersedia, mendorong para konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi secara online.

Mengacu pada data yang dikumpulkan sejak bulan Januari hingga Juni 2019, salah satu platform online fesyen dan gaya hidup terkemuka, Zilingo, membagikan beberapa hasil penemuannya mengenai kebiasaan belanja pelanggannya pada paruh pertama 2019, yang memperlihatkan bahwa produk fesyen menjadi kategori yang paling banyak dibeli. Sebuah bentuk kepedulian pada penampilan.

 

“Sebagai destinasi utama dalam hal fesyen dan gaya hidup, tidak mengejutkan jika pakaian dan aksesoris fesyen menjadi prioritas utama pelanggan kami ketika mengunjungi dan berbelanja di Zilingo. Kami juga ingin berterima kasih kepada para pelanggan, yang telah memilih Zilingo sebagai platform pilihan untuk kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka,” ungkap Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing Zilingo dalam keterangannya, baru-baru ini di Jakarta.
Menurut Sarah, lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019 adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian Muslim (9,19%), serta tas dan dompet (5,43%).

 

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa para pelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah, serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu. Tentu saja ini menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka.

 

“Zilingo berkomitmen untuk menempatkan pelanggan sebagai pusat dari bisnis kami. Melalui laporan ini, kami ingin membagikan hal yang telah kami pelajari mengenai pelanggan dan berharap untuk dapat mengeksplorasi bagaimana dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik,” papar Sarah.
Riset tersebut juga mendapati pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%), dan kemeja formal (5,95%).

 

Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yang paling banyak dibeli adalah flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%), atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).
Sementara itu, produk ponsel dan tablet semakin populer untuk keperluan belanja online. Smartphone dan tablet kian memudahkan pembeli untuk mencari produk dan menemukan ulasan dari pelanggan lain sebelum melakukan transaksi. Tren ini juga populer diantara para pelanggan Zilingo yang 85% diantaranya melakukan transaksi langsung melalui aplikasi mobile Zilingo. Sebagian besar transaksi juga terjadi saat istirahat makan siang antara jam 12.00-14.00 siang atau selepas jam kerja antara pukul 18.00-20.00. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan pelanggan dalam waktu luang mereka.

 

“Paruh pertama tahun 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan kami di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada tahun 2019 termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan ini untuk para pelanggan kami di Indonesia, kami berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan melalui penawaran dan inisiatif pemasaran kami. Kami optimis untuk menyambut paruh kedua tahun 2019 yang akan datang!” kata Sarah lagi.

 

Mengawali paruh kedua tahun ini, Zilingo kembali hadir untuk merayakan musim panas Anda dengan penuh gaya. Anda dapat menantikan promosi yang luar biasa di setiap minggu pada bulan Juli. Flash Sale “Happy Hour” dari Zilingo akan berlaku setiap hari Senin dari jam 1 siang sampai dengan 4 sore dengan diskon epik hingga 50% (hingga Rp 50 ribu). Semakin banyak berbelanja, semakin tinggi kesempatan Anda untuk memenangkan uang tunai dengan total Rp 10 juta, voucher Zilingo, dan 3 iPhone XR!

 

Teks & Foto : Wiwied

 

Facebook Comments