Pakaiankoe, Bawa Budaya Tradisional Naik Kelas.

Jakarta, Kirani – Perhatian pemerintah pada UMKM, semenjak pandemi memang sangat tinggi. Hal ini terlihat dengan mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

 

Setiap kementerian diharuskan mendukung gerakan nasional ini, agar para pengrajin kecil bisa survive di tengah pandemi. Seperti kita tahu 60% PDB Indonesia berasal dari UMKM.

 

Untuk pilot project program ini adalah Kemenparekraf melalui program Beli Kreatif Lokal. Selain itu, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan pada 500 UMKM di wilayah jabodetabek. Sinergi kementerian ini berhasil membuat 2,7 juta UMKM sudah berhasil mandiri selama Mei – Oktober 2020.

 

 

“Kemenparekraf  menangani 17 sektor yang meliputi fashion, kuliner, TV, video, periklanan dan lainnya. Pakaiankoe merupakan paket lengkap, tidak hanya menyajikan fashion tapi juga video, arsitektur, musik dan pemasaran baik online maupun offline,” jelas Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi  Kreatif, Kemenparekraf-Baparekraf saat konferensi pers jelang peragaan busana virtual Pakaiankoe belum lama ini.

 

Hadir dalam kesempatan itu Theresia Mareta dan beberapa pendukung acara diantaranya Addie MS, Leonard Theo Sabrata, Adi Purnomo dan Jessica Setiabudi.

 

Pakaiankoe, A Journey to Java, merupakan presentasi dari apa yang dilakukan oleh Lakon Indonesia bersama para pengrajin kain di tanah Jawa.

 

“Lebih dari satu tahun melakukan pembinaan pada pengrajin, agar bisa profesional demi menggerakkan perekonomian dan meningkatkan pendapatan. Kami juga memberi pandangan, ilmu dan teknik baru yang berguna bagi masa depan mereka,” terang Theresia Mareta, Founder Lakon Indonesia.

 

Sebanyak 100 look karya Irsan, menggunakan material dari para pengrajin tersebut akan dipresentasikan secara virtual pada 15 November 2020. Dalam kesempatan itu, Lakon Indonesia mengajak beberapa professional dibidang berbeda agar menggambarkan nuansa Indonesia. Selain fashion designer, ada  arsitek yang merancang area presentasi , videografi hingga Twilight Orcehstra yang akan mengiringi acara secara live.

 

Teks     : Ratna Kamil             Foto : Istimewa.

 

 

Facebook Comments