#MenariDiRumahAja Bersama Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik

Jakarta, Kirani – Galeri Indonesia Kaya seakan tak kenal lelah terus memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan kebudayaan Indonesia. Selain menggelar berbagai sajian inspiratif dalam pentuk pertunjukan, para penikmat seni juga dapat mengakses beragam artikel, foto dan video melalui www.indonesiakaya.com serta kanal sosial media. Bahkan, melalui akun YouTube Indonesia Kaya, para penikmat seni yang tengah #dirumahaja tetap bisa menikmati keindahan Indonesia melalui beragam tayangan yang ditampilkan.

Dalam rangka merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Galeri Indonesia Kaya mengajak penikmat seni untuk menari melalui Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik. Tarian jazz yang akrab dengan teknik dan gaya tari pertunjukan broadway dipilih dan dipadukan dengan tema patriotik dan semangat cinta tanah air.

Kelas tari virtual bersama Rusdi Rukmarata

“Kami menginisiasi program #MenariDiRumahAja untuk mengajak para penikmat seni mengembangkan kreativitas serta bergerak aktif tanpa meninggalkan rumah. Registrasi yang dibuka sejak 16 Agustus kemarin mendapat respon yang diberikan luar biasa. Untuk pertama kali, kami mengadakan kelas tari virtual yang bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan yang tidak memiliki keterampilan dasar menari juga bisa ikutan. Melalui kegiatan ini, penikmat seni dapat semakin mengenal berbagai jenis tarian. Menari juga baik untuk tubuh, memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres, maka itu ayo menari!” ujar Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya.

Bertindak sebagai pengajar pada Ruang Kreatif : Kelas Tari Virtual Jazz Patriotik ini, Rusdy Rukmarata, pendiri sekaligus koreografer EKI Dance Company. Kelas tari virtual yang diadakan Senin, 23 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB melalui Zoom ini diikuti oleh 50 peserta terpilih yang telah mengunggah video menari koreografi bebas dengan iringan lagu Kopral Jono. Video ini harus diunggah dalam periode 16 hingga 21 Agustus 2020 dengan menyertakan tagar #MenariDiRumahAja dan #IndonesiaKaya.

Peserta Kelas tari virtual

“Untuk koreografi yang saya konsep ini mengambil ciri khas Free Style Jazz dan mengambil gerakan sehari-hari, seperti berjalan, menengok, mengangguk dalam irama yang sangat natural. Saya mengatur sedemikian rupa sehingga para peserta dapat mengikuti panduan yang saya berikan, bahkan bagi peserta yang tidak mempunyai keterampilan dasar menari,” ujar Rusdi Rukmarata.

Galeri Indonesia Kaya juga telah aktif mengajak masyarakat untuk tetap bergerak aktif dengan #MenariDiRumahAja lewat Ruang Kreatif: Kelas Tari Nusantara sejak awal pandemi di Indonesia dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan bimbingan dan arahan dari para pelatih tari profesional seperti Alm. Gugum Gumbira Tirasondjaja, Elly Luthan, CIOFF Indonesia, Gema Citra Nusantara para penikmat seni dapat dengan mudah mengikuti gerakan tari tradisional yang dapat diakses di kanal YouTube IndonesiaKaya.




Teks Setia Bekti | Foto Galeri Indonesia Kaya

Facebook Comments