Makin Cantik dan Awet Muda Dengan Lidah Buaya

Jakarta, Kirani – Siapa tak kenal  lidah buaya? Tumbuhan yang bentuknya seperti lidah dengan tepian bergerigi ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan kerap digunakan sebagai penyubur rambut. Menyukai daerah yang berhawa panas dan terbuka, dengan kondisi tanah yang gembur serta kaya akan bahan organik, tak heran bila tanaman lidah buaya dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Afrika.

 

Lidah buaya atau dalam bahasa latin disebut aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Berasal dari daerah Mediterania, kini tanaman lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan. Diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, shampoo, lotion, ataupun krim wajah. Bahkan, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.

 

 

Kali ini kita akan mencoba membahas manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit wajah, apa saja kah, yuk simak.

1.Melembapkan kulit

Jenis kulit apapun, kering maupun berminyak, membutuhkan pelembab untuk melindunginya dari berbagai hal, sepertipaparan sinar matahari, polusi, dan lain-lain. Lidah buaya dengan kandungan zat polisakarida dan sterol dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2.Menghaluskan kulit

Lidah buaya juga bisa untuk menghaluskan wajah, karena sifanya yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru dan sehat. Selain itu, tanaman ini juga mampu mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit, yang juga berfungsi imembuat permukaan kulit menjadi lebih halus.

3.Membantu mengobati jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, cobalah gunakan lidah buaya untuk membantu menghilangkannya. Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat anti bakteri dan antimikroba  yang mampu mencegah serta mengobati jerawat di wajah, juga keluhan dermatitis ataupun iritasi akibat terpapar sinar matahari. Kandungan astringet atau saporin pada gel lidah buaya juga berfungsi sebagai antibakteri ayng mampu menghilangkan lemak berlebih di wajah.  Tentu saja dengan berkurangnya lemak di wajah, potensi tumbuhnya jerawat juga ikut berkurang.

 

 

4.Mencerahkan wajah

Lidah buaya juga dikenal mampu mencerahkan wajah. Khasiat ini diperoleh dari kandungan vitamin A dan vitamin E pada tanaman hijau tersebut, sehingga membuat kulit wajah nampak lebih cerah dan berseri.

5.Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat lain dari lidah buaya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan di dalamnya  dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

6.Menangkal radikal bebas

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan  antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara.  Yang artinya, lidah buaya dapat menghambat penuaan dini.

 

 

Teks : Setia Bekti                      Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments