Kuroba, Sayap Hitam Ala Ivan Gunawan

Jakarta, Kirani – Ivan Gunawan termasuk perancang di Tanah Air yang kreatif dan tak pernah habis menelurkan ide dan karyanya. Dalam panggung busana Ivan juga tercatat sebagai perancang yang bisa mengeksplor dan berkolaborasi. Pada acara MODO 2019 yaitu Pagelaran mode yang menampilkan kolaborasi karakter Doraemon dengan perancang-perancang busana Indonesia di Main Atrium East Mall Lantai 1 Grand Indonesia, pada 13 hingga 14 Februari 2019, Ivan didampuk menjadi pembuka pagelaran.

 

Pria bertubuh besar ini menyajikan peragaan perdana 30 set koleksi rancangan Ivan Gunawan yang terdiri dari 25 busana wanita dan lima busana pria.

 

“Pesan yang dititipkan pada sajian kartun Doraeman meliputi Hope, Friendship, Love, dan Family. Karakter yang sama kami dapati dalam diri Ivan Gunawan yang dikenal sebagai perancang busana multi talenta yang ramah, penuh keyakinan, cinta kasih, dan fokus pada keluarga,” cerita Helena Irma K. Tagore yang menerangkan mengapa AI Indonesia memilih Ivan menjadi desainer pembuka MODO 2019.

 

 

Helena menjelaskan pihaknya melihat kesetaraan citra Ivan dengan Doraemon. Ivan mempunyai segudang ide di kepalanya, seperti Doraemon yang empunya segudang alat di kantong ajaibnya. Selain itu, kata Helena, untuk presentasi koleksi, Ivan Gunawan membagi dua karakter busana yang ditampilkannya. Pada sesi pertama karakter Doraemon diinfuskan secara logis dalam bentuk siluet Doraemon dan kawan-kawan menjadi motif bahan yang dicetak khusus.

 

Kepiawaian Ivan dengan luwesnya, dari bahan bermotif karakter menjelma bentuk dan potongan-potongan busana baru yang lurus, longgar dan bertumpuk dalam gaya khas harajuku yang edgy. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari katun, hingga mika. Warna nude, hitam dan putih menjadi penanda kuat dari koleksi ini.

 

 

Kemudian, pada sesi paruh kedua koleksi, karakter Doraemon tersublim menjadi bentuk yang lebih halus dan lebih membutuhkan rasa hati yang kuat dalam menikmatinya. Busana ditampilkan dalam desain yang lebih sophisticated, elegan dan clean, yang selama ini merupakan jadi jiwa dan semangat rancangan Ivan.

 

Dalam presentasi koleksi Ivan kali ini didominasi tekstil polos modern, seperti mikado, brokat, velvet, tulle hingga netting dalam hitam dan putih. Selanjutnya pada ciri khas Doraemon dimunculkan dalam bentuk topi dengan baling-baling dan lonceng yang memudahkan orang untuk menikmati karya Ivan yang lebih halus ini.

 

Dalam pagelaran ini Ivan berkolaborasi dengan desainer aksesori berkelas dunia, Rinaldy Yunardi, demi menjadikan aksesori busana sebagai benang merah koleksi dan menggunakan kacamata Optik Seis untuk melengkapi koleksi busananya.

 

“Saya menamai koleksi ini ‘Kuroba’, yang bermakna sayap hitam, sebagai interpretasi saya terhadap tokoh Doraemon yang saya cintai sejak kecil. Tergenggam harapan sayap ini membawa Doraemon ke jenjang yang lebih tinggi. Doraemon dengan aroma mapan, elegan dan mewah yang sejalan dengan karakter desain Ivan Gunawan, tanpa kehilangan kenangan masa kecil yang lekat di dalamnya,” kata Ivan panjang lebar tentang koleksinya.

 

 

Editor : Hadriani P     Foto : Tim Muara Bagdja

 

 

Facebook Comments