Kembalikan Harumnya Ruangan Usai Banjir

Jakarta, Kirani – Beberapa hari terendam banjir, setelah air surut, rumah dibersihkan, dan berbagai perabot rumah tangga yang rusak diperbaiki, masih ada satu hal yang tersisa dan cukup mengganggu. Yaitu bau tidak sedap yang akan tercium di seluruh ruangan.

Pada umumnya banjir disebabkan oleh pipa saluran pembuangan yang pecah atau aliran air dari luar yang bebas mengalir ke dalam rumah. Kedua sumber ini dapat menyebabkan bau yang disebabkan oleh bakteri. Dan air yang berisi bakteri ini berdiam di rumah selama lebih dari 24 jam. Tentu saja ia akan bersinggungan dengan dinding dan furnitur di dalam rumah. Setelah proses pembersihan, bukan tidak mungkin masih ada bakteri yang menetap di dalam furnitur, yang lalu mengeluarkan bau tidak sedap ke seluruh ruangan. Ditambah lagi apabila rumah tidak mengalami proses pengeringan yang optimal, jamur akan tumbuh dan membawa bau yang juga kurang sedap.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap tersebut dan mengembalikan keharuman rumah Anda? Yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka semua pintu dan jendela di rumah. Hal ini tidak hanya akan membantu membuat udara keluar rumah, tetapi juga akan memberi area sirkulasi udara dan ventilasi yang lebih baik.

2. Salah satu efek samping yang sering terjadi setelah banjir adalah tumbuhnya jamur dan lumut. Keduanya menebarkan bau tidak sedap ke penjuru rumah. Oleh karenanya, hapus jamur dan lumut dari setiap permukaan. Gunakan cuka putih yang belum diencerkan untuk membasmi jamur dan menghilangkan baunya.

 

 

3. Meski tidak terendam air, tapi karena berada di dalam ruangan yang lembab mengakibatkan karpet ikut menjadi lembab. Hilangkan kelembaban tersebut dengan vakum basah atau kering. Serat karpet memerangkap kelembaban, yang akan menyebabkan jamur dan jamur tumbuh dan menciptakan bau apek. Arahkan kipas ke arah karpet untuk membantu mengeringkannya.

4. Taburkan baking soda di atas karpet kering. Gunakan sapu untuk membuat baking soda meresap ke dalam serat karpet, biarkan semalam. Soda kue adalah pewangi alami yang mampu menghilangkan bau karpet, atau bau pada kain di sofa, dan aman digunakan di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan. Buang soda kue dengan cara menyedotnya.

5. Saat Anda mencuci barang-barang seperti pakaian dan tirai, tambahkan dua cangkir cuka putih ke dalam mesin cuci. Cuka akan menghilangkan bau dari jamur dan bakteri akibat banjir.

Itu adalah beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap yang kerap timbul usai bencana banjir. Semoga rumah Anda dapat kembali bersih dan harum seperti sediakala.

 

Teks : Setia Bekti Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments