Kehangatan Berbalut Kemewahan di Villa Puri Joya

Mega Mendung, Kirani – Sebuah bangunan mewah berdiri megah di ketinggian. Berlokasi di Kampung Sirnagalih, Mega Mendung, Bogor, rumah bergaya klasik Eropa dengan nuansa merah muda ini sedianya merupakan tempat beranjangsana keluarga Gunaevy Djajasasmita. Akan tetapi persinggahan yang semula bersifat pribadi ini, kini dapat dinikmati juga oleh Anda dan kita semua, terutama sejak rumah bernama Villa Puri Joya ini resmi dibuka untuk umum pada Rabu, 25 September 2019.

 

Pada hari yang cerah itu, Kirani bersama rombongan media berkesempatan menghadiri dan mengenal Villa Puri Joya lebih dekat. Berangkat menggunakan Bigbird, setelah beberapa saat keluar dari Jalan Raya Puncak, rombongan harus turun di satu titik dan berganti dengan mobil yang lebih kecil, mengingat jalan yang akan dilalui bukan hanya kecil, tetapi juga menanjak, dan berliku. Hamparan rumput dikelilingi pohon damar menyambut saat rombongan tiba di lokasi. Area muka itu bernama Lapangan Kuda, sederhana saja penamaannya, hanya karena ada patung kuda berwarna putih berdiri di sana. Area yang cukup luas dan nyaman untuk kegiatan bersama seperti senam, outbond, atau kegiatan lain.

 

Keluarga Gunaevy usai penanaman pohon

 

Mengikuti jalan menanjak, kami menemui sebuah rumah yang menjanjikan kenyamana meski baru dilihat dari tampak luar. Bangunan bernama Villa Papan ini sering dijadikan tempat bersantai usai beraktivitas ataupun berolahraga, meski nyaman juga untuk dijadikan tempat bermalam. Sesuai namanya, Villa Papan merupakan bangunan kayu yang di dalamnya terdapat berbagai ukiran khas Jawa dan Sumatera, seperti tanah kelahiran Gunaevy dan isteri. Di hadapan Villa Papan terbentang halaman luas yang juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya cooking class, seperti yang dilakukan oleh rombongan media dan para tamu di hari tersebut, dengan bantuan dari Warung Turki dan Turkuaz.

 

Kembali berjalan menanjak beberapa ratus meter, melewati deretan pohon damar yang menyerupai hutan kecil, barulah kami sampai di dataran luas, dengan rumah megah bernuansa merah muda berdiri tegak di hadapan. Itulah Villa Puri Joya. Berdiri tepat di depan vila, sebuah bangunan yang terdiri dari pilar-pilar putih, begitu megah dengan patung-patung elang terpahat kokoh diatasnya. Bangunan yang dirancang menghadap ke Gunung Salak ini dibangun oleh Gunaevy karena terinspirasi dari bangunan yang menghadap Gunung vulkanis Vesuvius di kota Pompeii, sebelah selatan Italia. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan kendahan alam sekitar gunung, menghirup udara segar sambil menikmati segelas teh atau kopi hangat ditemani pisang goreng panas. Ahh…sedap dan mengasikkan tentunya.

 

Kemegahan Istana Versailles, Prancis dan pilar putih Pompeii, Italia di Villa Puri Joya

 

Sementara Villa Puri Joya sendiri merupakan replika dari Istana Versailles, Perancis. Rumah yang dibangun sepulang Gunaevy dan keluarga berkeliling Eropa ini merupakan bangunan terakhir yang didirikan di atas tanah seluas 63.641m2 yang telah di belinya sejak tahun 1980-an. Menawarkan konsep interior elegan, terinterpretasi dari gaya bangunan Eropa klasik denga suasana khas yang memadukan warisan budaya dengan cita rasa modern. Setiap ruangan diperkaya dengan patung, replika benda interior yang dirancang secara eksklusif koleksi Da Vinci, serta lukisan karya Joya Gunaevy, istri dari Gunaevy Djajasasmita yang juga menjadi pengarah langsung penataan interior rumah ini.

 

Terbagi atas dua bagian, atas dan bawah, pada bagian bawah Villa Puri Joya terdapat dua ruang keluarga. Ruang yang lebih besar terasa lebih formal dibandingkan ruang yang lebih kecil. Di area bawah juga terdapat ruang TV yang menjad tempat favorit untuk bersantai bersama keluarga. Sebuah tangga kokoh setengah melingkar menghubungi area bawah dan area atas. Pada tembok di sisi tangga tersusun melingkar pedang-pedang replika dari pedang Napoleon Bonaparte, dengan inisial ‘G’ (Gunaevy) terukir di bagian tengah dari susunan pedang tersebut.

 

Kemegahan pilar putih di Pompeii, Italia yang diwujudkan di Mega Mendung

 

Tiba di bagian atas, menyusuri lorong cantik, empat kamar hadir dengan dekorasi yang berbeda, disesuaikan dengan karakter si empunya kamar. Kamar bernuansa kuning dilengkapi dengan kaca besar dan meja rias adalah milik Ratih Gunaevy, anak pertama Gunaevy, yang memiliki hobi merias diri. Kamar milik Lala Gunaevy berwarna merah muda, mengikuti warna favoritnya. Sementara kamar Ibrahim Gunaevy begitu simple dengan warna biru.

 

Satu hal yang sempat membuat saya heran, tak terlihat satu pun Air Conditioner atau pendingin ruangan di kamar manapun. Bahkan kamar Bapak dan Ibu Gunaevy sendiri. Padahal meski tidak panas seperti di Jakarta, namun kemarau panjang mampu membuat cuaca di daerah Mega Mendung ini sedikit lebih panas dari biasanya. Akan tetapi, saat menjelajahi kamar demi kamar, semilir angin yang sejuk kami rasakan memasuki kamar dan membuat kami ingin merebahkan diri dan memejamkan mata sejenak. Menurut Lala Gunaevy, ayahnya yang sangat mempercayai feng shui, begitu memperhatikan segala hal saat membangun rumah ini, termasuk sirkulasi udara. Tak heran bila rumah besar ini terasa begitu nyaman, sejuk dan memanggil kantuk.

 

Ruang tamu yang nyaman memancing kantuk datang bahkan saat berbincang

 

Setiap ruangan di dalam Villa Puri Joya terlihat begitu mewah namun menjanjikan kehangatan keluarga. Saat melangkah ke balkon di sisi sebelah kanan rumah, pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede pun terlihat secara bersamaan terutama bila kabut tak sedang menyembunyikan kedua gunung besar tersebut. “Desain vila ini dirancang langsung oleh Bapak, sedangkan pernak-pernik interiornya dibantu arahan Ibu,” papar Lala, anak ketiga Gunaevy sekaligus koordinator bidang interior Villa Puri Joya. “Padahal, Bapak sama sekali nggak pernah belajar ilmu desain,” Lala menambahkan.

 

“Kami ingin berbagi pengalaman perasaan nyaman saat berada di sini, dan mempersilakan masyarakat untuk ikut menikmati Villa Puri Joya,” ujar Gunaevy dan keluarga. Ya, rumah nyaman dan berbagai fasilitas yang ada di kompleks ini memang dapat dimanfaatkan untuk bermacam kegiatan, seperti family atau company gathering, resepsi pernikahan, foto pre-wedding, foto fashion hingga pengambilan shooting film maupun iklan. Dan tentunya, segala kenyamanan yang ada di kompleks Villa Puri Joya yang begitu luas itu akan membuat apapun kegiatan Anda akan semakin berkesan.

 

 

Teks : Tya Handayani      Foto : Tya & Dok. Villa Puri Joya

 

 

Facebook Comments