Kacang, Camilan Sehat Kaya Manfaat

Jakarta, KiraniBanyak manfaat yang bisa diambil dari kacang, dari kacang tanah, kacang mete, hingga kacang polong. Mulai dari membantu kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan

 

Anda pasti pernah berkumpul bersama teman, keluarga, atau kerabat. Apa menu camilan yang selalu ada? Pasti jawabannya seragam, kacang. Iya kan?

 

Ya, kacang memang menjadi camilan wajib pada setiap acara. Baik kacang tanah atau kacang jenis lain, masih terbungkus kulit atau sudah berbalut tepung. Kurang seru rasanya obrolan yang berlangsung tanpa kehadiran kacang sebagai pelengkap. Akan tetapi, adakah manfaat yang terkandung dalam camilan tetap setiap acara ini?

 

Dalam program diet rendah lemak dan kolesterol yang dipublikasikan Kementerian Kesehatan RI tahun 2011, kacang-kacangan termasuk sumber protein nabati yang dianjurkan. Beberapa organisasi kesehatan masyarakat di Amerika seperti American Diabetes Association, dan lainnya juga menyarankan konsumsi kacang untuk menjaga kesehatan.

 

kacang tanah dalam kulit

 

Lalu, kacang apa saja yang baik untuk kesehatan, dan apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu persatu.

 

1. Kacang tanah

 

Dalam 100 gram kacang tanah terkandung 25 gram protein dan 570 kalori. Tim peneliti dari University of Florida menemukan, kacang tanah mengandung antioksidan yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Uniknya, kandungan antioksidan tersebut akan meningkat sebanyak 22% setelah kacang melewati proses pemanggangan. Peneliti yang sama juga menemukan bahwa kacang mengandung polifenol. Zat yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, dan menurunkan risiko Alzheimer.

 

2. Kacang mete

 

Kacang mete atau cashew mengandung 16,84 gram protein dan 581 kalori dalam setiap 100 gram. Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, kacang mete baik untuk membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Bagi yang tengah menjalani diet, segenggam kacang mete dapat membantu menghindarkan Anda dari defisiensi (kekurangan) gizi, karena mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh, yaitu magnesium, zat besi, kalium, dan mangan.

 

Kandungan lain yang terdapat di dalam kacang mete adalah vitamin B1, B55, B6 dan pyridoxine yang dapat membantu mengurangi risiko anemia.  Dan terakhir, kacang mete juga mengandung zea-xantin, pigmen antioksidan plafanoid penting yang diserap macula lutea pada retina mata. Zat yang dipercaya dapat melindungi mata dairi pengaruh buruk sinar ultraviolet.

 

Kacang polong

 

3. Kacang kedelai

 

Memiliki banyak nutrisi, antioksidan, rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, kacang kedelai dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. American Institute for Cancer Research bahkan menyatakan bahwa kacang kedelai mampu melawan kanker. Kedelai dapat menurunkan risiko kanker dan menurunkan pertumbuhan tumor. Phytochemical dalam kacang kedelai mampu mencegah perkembangan kanker dengan mengurangi peradangan dan menghambat aktivitas protein yang mempromosikan pertumbuhan sel kanker.

 

Kacang kedelai muda atau biasa disebut edamame juga mengandung serat dan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).  Menurut penelitian, 50 g protein kedelai per hari menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 3%. Studi review lain menunjukkan mengonsumsi 47 g protein kedelai setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol total sebesar 9,3% dan kolesterol LDL sebesar 12,9%.

 

4. Kacang polong

 

Menurut University of Illinois Extension, kacang polong mengandung protein, zat besi, dan serat larut. Serat larut ini berfungsi membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Dalam 100 gram kacang polong terkandung 116 kalori, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Memiliki indeks glikemik rendah, kacang polong juga dapat membantu program penurunan berat badan, serta mencegah kenaikan kadar gula darah.

 

5. Kacang almond

Tak hanya rasanya yang nikmat, kacang almond juga kaya manfaat. Dalam 100 gram kacang almond terkandung 6 gram protein, 4 gram serat, vitamin E, vitamin B, serta mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, dan zat besi. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini, mendukung imunitas, mengurangi peradangan, serta membantu memperlebar pembuluh darah. Magnesium berperan dalam kesehatan otak, serta pengaturan gula darah dan tekanan darah. Kacang almond juga dipercaya dapat melindungi kepadatan tulang.

 

Banyak bukan manfaat yang terkandung dalam berbagai jenis kacang? Jadi tidak perlu ragu, silakan menikmati camilan kacang sambil meneruskan obrolan seru Anda bersama teman dan keluarga.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments