Jadi Beautypreneur Butuh Uniqueness

Jakarta,Kirani – Trend dunia kecantikan serta peran media sosial seperti Instagram dan Youtube telah melahirkan banyak Make-up Artist (MUA) baru. Namun dibalik itu, masih banyak anak muda yang memiliki talenta yang bisa dikembangkan tetapi tidak tahu cara untuk memulainya.

 

Berdasarkan data Kemenperin.go.id, pertumbuhan industri kecantikan Indonesia meningkat 20% dalam 10 tahun terakhir. Melihat peluang ini FOUNDA, platform pengembangan wirausaha anak muda, menggandeng Victoria Clerence menggelar talk show bertema “Beautypreneur by Clerence Victoria” yang diikuti dengan make-up class workshop. Melalui acara ini wanita yang akrab disapa Clere ingin berbagi pengalaman yang dimilikinya selama menjalankan bisnis pada dunia kecantikan dan tatarias.

 

“Saat ini banyak sekali MUA muda berbakat terutama di media sosial, tetapi ada juga beberapa dari mereka yang masih ragu untuk menjadi seorang beautypreneur. Padahal sebenarnya mereka memiliki talenta yang bisa dikembangkan tetapi tidak tahu cara untuk memulainya” papar Clere, Founder Victoria Makeup Atelier dalam keterangannya baru-baru ini di Jakarta.

 

“Sebetulnya sekarang ini cukup mudah menjadi MUA karena skill dapat dipelajari secara gratis melalui Youtube atau media lain. Tetapi selain itu juga diperlukan uniqueness dari make-up itu sendiri sehingga ada ciri khasnya. Dan yang terakhir tentu perlu business skill karena menjadi beautypreneur itu sama-sama berbisnis hanya saja ini terkait dengan kecantikan” tambah Clere.

 

Diakui Clere, awalnya tidak mudah membangun diri sebagai self-employed. “Beberapa bulan pertama rasanya berat sekali, karena belum ada portofolio yang cukup, belum lagi pembelian alat make-up, branding dan segala macamnya,” ujarnya. Selama beberapa bulan pertama, bukan hanya mengasah kemampuan merias, Clere juga mengaplikasikan ilmu bisnis yang dimilikinya. Saat ini Clere sudah memiliki berbagai portofolio yang didominasi oleh artis-artis Indonesia seperti  Luna Maya, Nia Ramadhani, Rossa, Tasya Kamila dan banyak lagi.

 

Clere percaya kesuksesan tersebut diperolehnya atas kerja keras dan komitmen. Ia meyakini setiap usaha membutuhkan kerja keras namun, karena prosesnya juga panjang sehingga komitmen juga sangat diperlukan agar tidak mudah menyerah.

 

Semangat positif inilah yang dilihat oleh Albert Palit, Founder FOUNDA, sebagai hal yang dapat memberikan semangat kepada para MUA muda ataupun wanita yang ingin menjadi beautypreneur. Sebagai salah satu FOUNDA Partner, Clerence dinilai dapat menjadi inspirasi bagi wanita yang ingin meningkatkan aktualisasi diri mereka serta memulai bisnis sendiri.

 

Tidak hanya berbagi pengalaman, Clere juga mengadakan make-up clas workshop untuk meningkatkan skill para peserta. Dihadiri oleh Luna Maya sebagai artis yang gemar pada dunia kecantikan, momen ini juga digunakan untuk berbagi tips makeup kepada peserta dan juga Luna Maya. Diharapkan,  peningkatan kemampuan tatarias mampu membangkitkan semangat para peserta untuk memulai karir sebagai beautypreneur.

 

(PR/Kirani)

Facebook Comments