Inspirasi Doraemon Ada di Karya Perancang Indonesia

Jakarta, Kirani – Doraemon, karakter kartun asal Jepang memiliki citra rasa sangat kuat di Indonesia. Bahkan robot kucing ini masih memiliki penggemar setia yang mengikutinya sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang. Doraemon seolah sihir tak lekang oleh waktu.

 

Seiring berjalannya perkembangan dunia mode yang semakin pesat, AI Indonesia menyajikan MODO 2019 yang digelar di Tanah Air. Pagelaran mode ini menampilkan kolaborasi karakter Doraemon dengan perancang-perancang busana Indonesia yang berlangsung di Main Atrium East Mall Lantai 1 Grand Indonesia, pada 13 hingga 14 Februari 2019.

 

Helena Irma K. Tegoeh, Direktur AI Indonesia mengatakan alasan menggelar MODO 2019 karena didasari seiring berjalannya perkembangan dunia mode yang semakin pesat. Hal ini membuat pihaknya terdorong untuk memperkenalkan Doraemon pada level high fashion yang membidik pasar high teens dan young adults.

Untuk itu, kata Helena pihaknya berkolaborasi dengan beragam desainer atau perancang di Tanah Air agar berada pada jejak tendensi mode masa kini tanpa kehilangan unsur Jepang yang sangat kental melekat pada karakter Doraemon.

 

Menurut Helena, para desainer menginterpretasikan karakter Doraemon ke dalam karya sesuai dengan karakter mereka. Desain yang lahir dari tangan-tangan kreatif inipun menjadi penuh ragam, mulai dari yang kasual hingga formal dalam sentuhan selera rasa yang tinggi. Helena menjelaskan kolaborasi dengan para perancang Tanah Air, supaya ada jejak tendensi mode masa kini tanpa kehilangan unsur Jepang yang sangat kental melekat pada karakter Doraemon.

 

“Para penggemar setia Doraemon seolah diajak untuk memasuki dunia Doraemon dari sudut pandang tiap desainer sehingga dengan mudah dapat menentukan untuk tetap menggunakan karakter Doraemon yang dicintainya pada level yang setara dengan gaya hidup dan citra diri pemakainya,” kata Helena.

 

Helena menyebutkan para perancang Tanah Air ada Ivan Gunawan yang akan membuka acara ini pada Rabu, 13 Februari 2019. Selanjutnya perancang Jii by Gloria Agatha dan Monday to Sunday. Dan pada 14 Februari 2019, ada 3 Mongkis dan Harajuku X by Hannie Hananto.

karakter doraemon dan tokoh lainnya yang menjadi inspirasi

 

Selain koleksi busana, karakter Doraemon juga muncul dalam bentuk sepatu, tas, aksesori dan elemen mode lainnya yang ditampilkan oleh Woodka (strap watches), Season Chic (koleksi clutch dan phone casing), Never Too Old Project (tas dan dompet), Studio Amara (serving board), Stay Cool (ragam kaos kaki), Chameo Couture (aneka tas anyam) dan Tutu Toe (koleksi sepatu berhak rata dan tinggi) untuk tampil bersama dan menyempurnakan koleksi para perancang busana yang dipersembahkan sepanjang dua hari peragaan.

 

Kemudian kemunculan enam tokoh utama serial Doraemon yakni Doraemon, Nobita, Shizuka, Gian, Suneo dan Dorami juga menjadi penyemarak setiap penutup penampilan desainer. Kemunculan para tokoh Doraemon ini menjadi acara khusus selama Modo 2019 berlangsung.

 

Modo telah diagendakan menjadi acara tahunan yang menyajikan tendensi mode tahunan versi karakter kartun yang akan berkolaborasi dengan desainer-desainer pakaian papan atas Tanah Air dalam cakupan yang lebih luas.

 

Teks : Hadriani. P     Foto : Tim Muara Bagdja

 

 

Facebook Comments