Harmoni Batik dan Kosmetik dalam Legacy of Beauty

Jakarta,Kirani-Oktober selalu menjadi bulan yang spesial bagi bangsa Indonesia, terutama pecinta budaya. Semenjak batik resmi ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia tak benda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, masyarakat Indonesia seakan berlomba untuk teru-dan terus mengembangkan batik. Alleira Batik, salah satu brand batik ternama di Indonesia turut memeriahkan Hari Batik Nasional dengan menggandeng Mineral Botanica, mengadakan peluncuran packaging baru bertema ‘Legacy of Beauty’.

Alleira Batik dan Mineral Botanica, merupakan produk asal Indonesia, dimana Mineral Botanica yang merupakan sebuah merek produk kecantikan dan perawatan tubuh. Konsisten menjual produk berbahan alami dan ramah lingkungan selama empat tahun berdiri, Mineral Botanica kini ingin memberikan sentuhan khas Indonesia pada koleksinya, dan mengajak Alleira Batik untuk mewujudkan hal ini, hingga terciptalah packaging makeup dengan sentuhan warna coklat yang cantik dan menarik.

“Berangkat dari background keluarga saya yang mendalami bidang kosmetik selama lebih kurang 35 tahun lebih. Selama limabelas tahun saya tinggal di Amerika, dan delapan tahun lalu saya dan suami balik ke Indonesia. Saat balik ke Indonesia, saya melihat begitu banyak potensi produk-produk lokal di Indonesia, sehingga pada tahun 2014, saya memberanikan diri untuk mengeluarkan produk kecantikan dan perawatan dengan merek Mineral Botanica,” cerita Anita Loeki,  yang merupakan Creative Director Mineral Botanica.

Produk Mineral Botanica dengan oackaging Batik Alleira

Dengan mengusung tema Legacy of Beauty, Anita Loeki menjelaskan alasan mengapa ia memilih tema tersebut. “Batik merupakan salah satu peninggalan dari generasi-generasi sebelum kita serta merupakan sebuah kebanggaan Indonesia. Sebagai kosmetik produk lokal, kita cukup percaya diri untuk bersaing dengan kosmetik produk luar. Suatu hari saya berharap agar produk Mineral Botanica dapat mewariskan ‘let the see in the beauty Industry’. Itulah sebabnya mengapa saya memilih tema tersebut,” jelas Anita Loeki .

Masih menurut Anita Loeki, dalam proses pembuatan packaging Mineral Botanica memang telah direncanakan sejak awal tahun 2018, dimana packaging tersebut nantinya ingin mengangkat budaya Indonesia dan beauty. Akhirnya pihak Mineral Botanica bertemu dengan Alleira Batik sehingga dipilihlah Batik untuk packaging tersebut. Motif batik khas Alleira yang dipilih adalah motif yang sarat akan makna, dalam hal ini  dipilih motif sulur bunga, dipadu dengan motif mega mendung serta bunga khas Alleira yang membuat tampilan packaging Mineral Botanica terlihat sangat cantik. Permainan warna yang sangat klasik, memberikan kesan inovasi berbeda yang dilakukan oleh produk make up. Dari desain hingga akhir terciptanya packaging batik tersebut memakan waktu yang cukup singkat, yaitu hanya dua hingga tiga bulan, karena Mineral Botanica memiliki tim kreatif yang cukup hebat.

Lalu mengapa Alleira Batik juga mau berkolaborasi dengan Mineral Botanica?  Menurut Zakaria Hamzah, Chief Operating Officer (COO) Alleira Batik, kolaborasi dengan Mineral Botanica dalam membuat packaging karena memang produk Mineral Botanica merupakan produk kosmetik premium.

Yuliana Mihardja (Chief Finance Mineral Botanica) – Anita Loeki (Creative Director Mineral Botanica) – Zakaria Hamzah (COO Alleira Batik)

“Sesuai dengan segmen Alleira Batik, namun dengan harga terjangkau. Memang untuk saat ini, kerja sama antara Alleira Batik dan  Mineral Botanica hanya pada pembuatan packaging. Packaging bernuansa batik tersebut memiliki arti cinta abadi, karena seperti kita ketahui bahwa wanita Indonesia sangat cinta dengan produk-produk dalam negeri, termasuk dalam hal ini produk Mineral Botanica. Sedangkan untuk kerjasama berikutnya antara Alleira Batik dan Mineral Botanica yaitu dengan menjual produk-produk Mineral Botanica ke dalam website alleiraplaza.com,” demikian papar Zakaria Hamzah.

Acara launching yang berlangsung di Butik Alleira Plaza Indonesia, Jakarta tesebut juga di isi dengan beauty demo yang akan meng-highlight produk unggulan dari Mineral Botanica. Terdapat pula make up bar yang dapat menjadi spot menarik untuk tamu yang ingin di ubah tampilannya atau mencoba langsung produk dari Mineral Botanica.

 

Teks: Dessy Rachmawati

Facebook Comments