Jakarta, Kirani – ‘Festival Ramadan Ekstra Seru’ merupakan salah satu kampanye terbesar Tokopedia dan TikTok Shop. Hal ini bisa dilihat dari transaksi para penjual yang berpartisipasi di event ini tahun lalu, dimana rata-rata penjualan mereka meningkat 11 kali lipat.
Melihat kesuksesan tersebut, Festival Ramadan Ekstra Seru kembali digelar tahun ini, dengan sentuhan berbeda. Menghadirkan fashion show koleksi spesial Ramadan berbagai brand lokal terpercaya, TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru 2025 juga dimeriahkan oleh sejumlah musisi tanah air, seperti Maliq & D’essentials dan Yura Yunita, hingga 16 Maret 2025 di Kota Kasablanka.
“TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru memberikan panggung lebih bagi penjual produk kebutuhan Ramadan, seperti Fashion, Kecantikan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik. Festival offline ini memberikan pengalaman belanja spesial yang mempermudah konsumen mendapatkan produk kebutuhan Ramadan secara aman, real time, sekaligus terjangkau karena ada penawaran khusus. Pengunjung bisa mendapatkan voucher hingga jutaan rupiah setiap hari jika bertransaksi lewat TikTok Shop,” jelas Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega.

Fashion Show Brand Lokal
Festival Ramadan Ekstra Seru 2025 menggandeng brand yang mayoritas lokal dan berstatus ‘Mall’ di TikTok Shop, antara lain Coolvita, Scarlett Whitening, Gmeelan, XL, Wings Food, Eiger, Mayoutfit, Dumma, Marchemode, Floral, Semar Nusantara, VAIA, Jilbrave, dan Gaudi, dan Xiaomi, untuk menghadirkan penawaran khusus. Melalui berbagai brand berstatus ‘Mall’ ini, konsumen bisa mendapatkan garansi produk asli, gratis ongkir, dan gratis pengembalian 15 hari. Para brand tersebut pun menggelar fashion show koleksi spesial Ramadan.
Kutipan Fashion Brand
Para pemilik fashion brand ini mengaku senang dapat berpartisipasi pada Festival Ramadan Ekstra 2025. Berikut pengakuan mereka:
Roy, Pemilik Dumma: Kami sangat senang sekali bisa bergabung di TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru untuk meningkatkan penjualan sekaligus memamerkan koleksi ‘IED Raya 2025’ dari Dumma. Lewat festival ini konsumen bisa langsung membeli koleksi kami secara offline dan lebih terjangkau karena ada banyak penawaran menarik.
Resya Mawaranti, Pemilik Floral: Kami sangat senang bisa berpartisipasi di TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru untuk meningkatkan brand awareness Floral, sekaligus membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Pada festival ini, kami meluncurkan koleksi terbaru mencakup Mahreen Abaya, Mahira Abaya, Amoora Tunik, Hulya Tunik, Masra Dress, dan Launa Cardi.
Ranianty, Pemilik Marchemode: Berkat TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru, penjualan dan eksposur Marchemode meningkat secara signifikan. Di festival ini, kami memamerkan koleksi spesial ‘Raya’ yang elegan dan nyaman untuk menyambut momen Lebaran, dengan promo khusus pembelian di Festival Ramadan Ekstra Seru.
Janet Dana, Pemilik Gaudi: Lewat TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru, Gaudi berkesempatan untuk meningkatkan loyalitas konsumen sekaligus peluang pemasaran yang tepat sasaran menjelang Lebaran. Maka, di festival ini kami menghadirkan berbagai promo menarik seperti flash sale, hadiah khusus di setiap pembelian, diskon dan voucher.

Kolaborasi Tokopedia-TikTok Shop gerakkan roda ekonomi
Berkat Ramadan Ekstra Seru 2025, selama seminggu pertama bulan Ramadan, terdapat sejumlah kategori produk dengan kenaikan tertinggi transaksi di Tokopedia maupun TikTok Shop, antara lain: Makanan dan Minuman, Fashion, Perlengkapan Rumah Tangga, Kecantikan dan Perawatan Diri, dan Elektronik.
Tokopedia dan TikTok Shop melalui Antonia mengatakan, “Kami akan terus memperkuat sinergi untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi Indonesia melalui berbagai inisiatif, seperti TikTok Shop by Tokopedia Festival Ramadan Ekstra Seru, untuk mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia, serta pertumbuhan ekonomi digital nasional.”
Teks: Setia | Foto: Tokopedia

