Jakarta, Kirani – Haji dan umrah menjadi ibadah umat muslim yang memerlukan perhatian khusus, karena dilaksanakan di tanah suci. Bagi perempuan, diperlukan pakaian yang nyaman dan tertutup saat menjalankannya, mengingat cuaca disana yang jauh lebih panas dibandingkan di tanah air. Ditambah lagi, penerbangan yang memakan waktu 10 jam atau lebih, membuat pakaian kusut sesampainya di tujuan.
Menanggapi hal ini, brand modest fashion Indonesia RiaMiranda menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, meluncurkan koleksi “Haji dan Umrah 2024”. Koleksi pakaian haji dan umrah perempuan yang menghadirkan busana ready to wear serta beragam jenis produk, mulai dari mukenah, sajadah hingga aksesoris penunjang lain dalam memenuhi kebutuhan ibadah di tanah suci.
Perpaduan Cantik Dua Signature
Koleksi kolaborasi ini memadukan ragam warna ikonis Garuda Indonesia seperti navy, tosca dan biru, dengan warna soft pastel dan motif bunga khas brand RiaMiranda. Menampilkan long dress atau abaya bersiluet A-line yang indah dengan beragam warna dan motif.
Memiliki ukuran oversized dengan bagian lengan yang memiliki adjustable strap atau kancing samping, dimaksudkan agar koleksi ini memudahkan penggunanya saat beribadah, seperti saat berwudhu misalnya. Koleksi terbatas ini juga dibuat khusus dengan bahan utama sifon yang dikombinasikan dengan satin, crepe, twill, hingga crinkle sheer yang akan tetap nyaman meski dipakai dalam waktu lama.
“Abaya dan dress ini oversized jadi bisa dipakai untuk salat. Dan dengan lengan berbentuk bel yang memiliki kancing samping jadi memudahkan kita saat berwudhu. Untuk bahannya sendiri kita pakai satu bahan sifon yang memiliki sifat dasar tidak kusut jadi tidak perlu disetrika,” jelas Ria Miranda dalam acara peluncuran koleksi terbarunya bersama Garuda Indonesia di Bale Nusa, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024).
Alasan di balik kolaborasi RiaMiranda & Garuda Indonesia
Memilih partner kolaborasi bukanlah hal yang mudah bagi Ria Miranda, ketika akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Garuda Indonesia, adalah karena ia sudah percaya dengan kiprah maskapai tersebut.
“Kalau sama kolaborator itu pokoknya harus kawin banget biar hasilnya juga bagus. Sebelumnya kami berkolaborasi sama seniman, tapi kali ini pilihan kita Garuda Indonesia karena itu bisa menghadirkan sesuatu yang baru,” tutur founder & creative brand RiaMiranda ini.
Sementara itu, Garuda Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk terus mendukung produk lokal agar dapat memperluas pasarnya. Dengan begitu, penumpang Garuda Indonesia juga akan mendapatkan pengalaman baru saat penerbangan.
“Kembali lagi ke komitmen kami yaitu menjadi platform campaign bagi produk lokal, jadi kita bisa saling memotivasi dan growth bersama. Kita juga memang mencari produk lokal terbaik untuk berkolaborasi dan pilihannya jatuh ke Ria,” papar VP Marketing Garuda Indonesia, Fitria Ruswita.
Fitria juga berbagi cerita bahwa proses untuk mewujudkan kolaborasi ini sangat lama. Pasalnya, baik brand RiaMiranda dan Garuda Indonesia sangat memikirkan agar hasilnya memuaskan dan dapat diterima dengan baik. Apalagi, kebutuhan dari produk ini bukanlah untuk pakaian sehari-hari melainkan perjalanan ibadah yang panjang. Oleh karenanya, koleksi “Haji dan Umrah 2024” ini diharapkan menjadi pilihan terbaik bagi perempuan, khususnya penumpang Garuda Indonesia untuk beribadah dan berpakaian di Tanah Suci.
Koleksi kolaborasi ini dapat ditemukan di kanal penjualan Garudashop, situs resmi RiaMiranda, juga Sales on Board Garuda Indonesia dengan kisaran harga mulai dari 400 ribu – 1 jutaan rupiah.
Teks & foto: Setia Bekti