Bijak Berbelanja Tanpa Uang Tunai

Jakarta, KiraniDengan hadirnya era e-payment, tak banyak lagi orang yang berbelanja dengan menggunakan uang tunai. Namun hati-hati, hal ini dapat mengakibatkan kebiasaan konsumtif bila Anda tak bijak menyikapinya.

 

Pertumbuhan teknologi yang begitu pesat di era ini, hadir sebuah kebiasaan baru dalam hal berbelanja. Bila sebelumnya salah satu kegiatan belanja adalah datang ke toko atau pusat perbelanjaan, kini dengan hanya beberapa klik saja, Anda sudah bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan, bahkan tanpa meninggalkan rumah sama sekali.

 

Perkembangan industri fintech (financial technology) melalui digital payment telah membentu suatu komonitas baru yang disebut cashless society atau orang-orang yang lebih sering menggunakan pembayaran digital dalam hampir setiap lini kehidupannya.

 

Berbelanja secara online dengan sistem pembayaran e-payment

 

Jenis Pembayaran Digital

Mengapa orang-orang begitu menyukai sistem belanja atau pembayaran digital ini? Ada beberapa alasan sebenarnya. Selain menawarkan kemudahan, sistem ini juga menawarkan begitu banyak promosi, seperti diskon, cashback, undian berhadiah, hingga bonus yang diberikan oleh para penyedia layanan pembayaran digital.

 

Bahkan bila kita berbelanja di toko atau restaurant, saat membayar dengan e-payment beragam promosi tersebut pun tersedia untuk dimanfaatkan. Di Indonesia kita mengenal beberapa sistem pembayaran digital, mulai dari uang elektronik atau e-money hingga dompet digital atau e-wallet. Beberapa diantaranya adalah, Gopay, OVO, Dana, Chashbac, LinkAja dan masih banyak lagi.

 

Mari kita kupas sedikit mengenai fasilitas pembayaran elektronik yang sekarang banyak digunakan ini.

 

Berbelanja menggunakan kartu kredit

 

1. Payment Card

Payment card adalah kartu yang digunakan untuk sarana pembayaran atau bertransaksi. Setidaknya ada dua jenis kartu yang termasuk payment card, yaitu kartu debit atau debit card dan kartu kredit atau credit card. Dengan dua kartu ini di dalam dompet, Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Bahkan bayar parkir pun Anda sudah tak memerlukan uang tunai lagi, karena kebanyakan banyak tempat seperti pusat perbelanjaan kini memberlakukan e-payment untuk pembayaran parkir.

 

Perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit adalah, untuk kartu debit Anda yang harus mengisi saldonya, dan dapat dipergunakan selama saldo di dalam kartu Anda cukup. Sementara kartu kredit, saldo yang ada di dalam kartu tersebut adalah milik bank penerbit, Anda hanya dipinjamkan sesuai pemakaian, untuk kemudian dikembalikan bulan berikutnya atau sesuai tenggat pembayaran.

 

2. E-wallet

E-wallet atau dompet elektronik atau juga dompet digital yang tentunya lebih praktis dibandingkan dompet konvensional. Melalui fasilitas ini, Anda dapat menyimpan uang secara virtual, melakukan pembayaran secara digital menggunakan media elektronik seperti smartphone ataupun computer, dan bila saldonya habis, Anda tinggal mengisinya kembali.

 

Cukup banyak perusahaan penyedia layanan dompet digital ini, mudah pula cara memilikinya. Anda hanya perlu mendaftar melalui aplikasi online yang kini banyak ditawarkan, melalui gadget Anda. Cukup banyak kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran tanpa tunai yang satu ini, kebijakan Anda lah yang dibutuhkan dalam menggunakannya.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments