Belanja Fashion Secara Online Jadi Tren di 2019

Jakarta, Kirani – Kaum perempuan identik dengan belanja. Di tengah dunia yang semakin bergantung pada teknologi digital, belanja pun beralih ke ranah online alias daring. Seperti apa tren belanja di tahun 2019? Apakah akan berlanjut di tahun ini?

 

Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia menggelar riset dan mendapati bahwa produk fashion menjadi salah satu dari lima kategori paling populer di tengah masyarakat sepanjang 2019. Menyusul produk Rumah Tangga, Handphone dan Tablet, Elektronik, dan Kesehatan.

 

“Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019,” kata Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia dalam keterangan persnya Rabu, 8 Januari 2020.

 

Official store Tokopedia

 

Selain itu, hasil riset juga mendapati bahwa dampak pemerataan ekonomi digital pun sudah bisa dirasakan di berbagai penjuru Indonesia. Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh. Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.

 

Tokopedia mencatatkan barang terakhir yang dibeli di 2019 adalah disk USB flash drive. Di sisi lain, barang pertama yang dibeli di awal 2020 merupakan produk lokal, yaitu tas rotan bermotif lukis khas Bali. Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia.

 

“Indonesia akan selalu menjadi fokus utama Tokopedia. Demi mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital, Tokopedia akan membantu para petani, nelayan, pemilik warung dan jutaan profesi lainnya di Indonesia dalam memulai dan menciptakan peluang dengan berevolusi menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia. Harapannya, seluruh profesi di Indonesia bisa selalu relevan terhadap perubahan zaman sekaligus terus ikut berkontribusi terhadap perekonomian negara,” pungkas Nuraini.

 

 

Teks : Wiwied     Foto : Dok. Istimewa & Tokopedia