UNIQLO Indonesia Rangkul UKM Lokal Rambah Pasar Global

Jakarta, Kirani – Komitmen UNIQLO Indonesia untuk meningkatkan kehidupan masyarakat semakin terlihat. Salah satunya dengan berkontribusi dalam upaya pemulihan roda ekonomi melalui dukungan pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal di Indonesia. 

Selaras dengan wujud nyata 3 pilar utama sustainability yaitu, People, Planet dan Society, yang diusung oleh UNIQLO diantaranya untuk terus berupaya untuk berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan perekonomian retail di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha melalui program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood.

Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), menyampaikan hal ini pada acara Indonesia Retail Summit (IRS) 2022 yang digagas oleh Hippindo pada 15 Agustus 2022 di Sarinah Building, Jakarta.

Diluncurkan pada 2019, program ini merupakan instalasi di area toko-toko UNIQLO Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang terpilih melalui proses kurasi di berbagai daerah, bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan setempat serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang berada di lokasi usaha UNIQLO, produk UKM mana menjadi ciri khas di daerah masing-masing. Program ini telah hadir di 25 kota di Indonesia dengan total lebih dari 210 UKM yang berpartisipasi dan dikaji setiap 1 tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood.

Program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood menjadi wujud dukungan UNIQLO Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi melalui berbagai cara, diantaranya membantu mempromosikan produk-produk lokal dengan cakupan yang lebih luas, serta kolaborasi dengan para pelaku UKM. Di samping itu, UNIQLO juga secara berkelanjutan memberikan pelatihan bagi para UKM guna meningkatkan daya saing UKM dalam memasarkan produknya.

Inisiatif ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM), yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan September 2021 lalu, di UNIQLO Solo Paragon sebagai sinergitas dan wujud kolaborasi serta komitmen yang diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar agar dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Selain program Kolaborasi UNIQLO Neighborhood, UNIQLO Indonesia juga menjalankan berbagai inisiatif untuk masyarakat Indonesia diantaranya upaya untuk mendukung penanggulangan wabah Covid-19 di Indonesia melalui rangkaian program donasi berkelanjutan sejak tahun 2020 hingga 2022 ini, seperti donasi pemberian 500 ribu masker medis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) hingga membuka sentra vaksinasi di 5 daerah di Indonesia dengan menyiapkan 250 ribu vaksin dosis pertama dan kedua serta 50 ribu vaksin booster kepada masyarakat yang berusia diatas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik dan masyarakat serta penyandang disabilitas.

Teks: Setia | Foto:Dok. UNIQLO Indonesia