Jakarta, Kirani –Sustainability atau hidup yang berkelanjutan menjadi salah satu kepedulian UNIQLO. Hal ini dibuktikan salah satunya dengan peluncuran rangkaian produk berbahan poliester daur ulang 100% terbaru, pada 31 Juli 2023.
Rangkaian produk ini terdiri dari T-shirt dan tas saku yang menampilkan UNIQLO Global Sustainability Ambassador, Doraemon, dengan tampilan ‘Sustainability Mode’ berwarna hijau. Produk ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Juni lalu. Peluncuran ini menjadi bagian dari kampanye UNIQLO bertajuk “JOIN: THE POWER OF CLOTHING,” yang bertujuan untuk mendorong partisipasi pelanggan dalam kegiatan keberlanjutan.
Selama kampanye berlangsung, 31 Juli hingga 30 Agustus 2023, pelanggan dapat berdonasi dengan membeli produk UNIQLO yang memenuhi syarat. Untuk setiap produk Doraemon Sustainability Mode — dan T-shirt DRY-EX MENS/KIDS yang terbuat sebagian dari poliester yang didaur ulang— yang terjual, sebagian keuntungan penjualan akan disumbangkan ke Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk mendukung program pengurangan limbah lautan di Indonesia. Produk Doraemon Sustainability Mode tersedia di toko UNIQLO di seluruh Indonesia dan secara online melalui UNIQLO.com.
Ragam produk yang tersedia adalah, Doraemon Sustainability Mode Crew Neck T-shirt (lengan pendek), KIDS Doraemon Sustainability Mode Crew Neck T-shirt (lengan pendek), dan Doraemon Sustainability Mode Pocketable Bag dengan kisaran harga Rp 149.000 – Rp 199.000.
JOIN: THE POWER OF CLOTHING sendiri merupakan proyek partisipasi pelanggan yang diluncurkan oleh UNIQLO pada tahun 2022 dan bertujuan untuk menghubungkan kekuatan pakaian dengan tindakan berkelanjutan. Melalui proyek ini, UNIQLO berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang polusi laut dan meningkatkan kesempatan bagi setiap individu untuk melakukan langkah kecil yang membawa perubahan.
Di situs web JOIN: THE POWER OF CLOTHING, UNIQLO telah menyediakan konten yang mengajarkan pengunjung tentang polusi laut, seperti wawancara dengan para ahli, video yang memperluas pemahaman tentang masalah tersebut, dan saran untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data yang terdapat dimuat di situs web ini, secara global total donasi yang terkumpul selama kampanye tahun 2022 telah mencapai US$2 juta.
Teks: Setia. | Foto: dok. UNIQLO