Perdana, Jakarta Auto Runway 2023 Hadirkan Kolaborasi Fesyen dan Otomotif

Jakarta, Kirani – Untuk pertama kalinya, pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 (GJAW) menghadirkan Jakarta Auto Runway (JAR), sebuah konsep kolaborasi antara dunia mode dan otomotif di atas panggung peragaan busana. 

Tahun ini, pameran GJAW mengusung identitas baru, Automotive X Lifestyle, memadukan perkembangan industri otomotif dan gaya hidup, meliputi fesyen, musik, dan kuliner. Sekitar 60 merek otomotif yang berpartisipasi dalam pameran ini akan menyelaraskan dengan unsur gaya hidup, termasuk fesyen. 

Andia Kusumawardhani, Project Director JAR 2023, menjelaskan bahwa fesyen dan otomotif adalah dua hal yang berkaitan erat sebab mobil atau motor bisa menjadi salah satu fashion statement seseorang. Inilah yang menjadi alasan hadirnya JAR di GJAW.  “Karya Inovatif 8 desainer akan  tampil bersama produk otomotif mutakhir, didukung  desain panggung sesuai tema otomotif yang dinamis,” jelasnya.

Delapan perancang busana  yang turut berpartisipasi dalam event ini adalah, Wilsen Willim, IKYK, AMOTSYAMSURIMUDA, RAEGITAZORO, Elima, Tanah le Saé, Rinda Salmun, dan ANW. Mereka menampilkan lebih dari 100 koleksi dengan signature style masing-masing yang terinspirasi dari otomotif khususnya sejumlah jenis mobil yang ada di GJAW, yaitu city car, electric car, dan premium car.

Event yang digelar 17-18 Maret 2023 ini dibuka oleh RAEGITAZORO yang menampilkan koleksinya berdampingan dengan produk otomotif  premium.  Mengusung tema “Eco Brutalism”,RAEGITAZORO memadukan desain struktur kaku dengan detail hiasan bunga  secara seimbang, saling membentuk sebuah kombinasi yang unik dan segar. Koleksi ini dikemas tangguh selayaknya mobil premium yang enerjik.

“Kolaborasi fesyen dan otomotif ini tentunya sangat unik dan menarik karena baru pertama kalinya dua industri yang berbeda ini menjadi satu. Kami harap melalui kolaborasi ini industri otomotif dan fesyen dapat saling membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai sustainability,” papar Astrid Nadia Wiradinata dan Ilanie Prasetyo, Owner dan Co-Owner ANW.

AMOTSYAMSURIMUDA menutup peragaan dengan mengeksplorasi motif abstrak yang mencolok melalui permainan warna  terang dan berani. Rancangan ini memberi kesempatan  pria untuk  bebas berekspresi. “Melalui koleksi ini, saya mengenang dan mengangkat kembali tren masa kecil saya di tahun 2000-an dan inspirasi dari generasi MTV di masa itu,” jelasnya.

Teks: Ratna Kamil   |  Foto: Dok. Jakarta Auto Runway