Jakarta, Kirani – Pekan mode terbesar bagi insan mode dunia, Paris Fashion Week 2022 akan digelar pada 28 Februari – 8 Maret 2022. Acara yang dilangsungkan di The Westin Paris Vendome dimeriahkan juga oleh para desainer dan brand lokal kebanggaan Indonesia yang telah menyiapkan karya-karya terbaik mereka.
Diantaranya adalah brand lokal asal Bandung, 3Second dan Greenlight. Kedua brand asal Bandung yang juga dijuluki Paris van Java ini mendapat kepercayaan dari Gekrafs untuk mewakili Indonesia. Kedua brand ini akan memperkenalkan nilai-nilai asli tradisional dan modern Indonesia ke dunia Internasional, sekaligus melakukan sosialisasi nilai-nilai positif tersebut kepada anak-anak muda di Indonesia.
Marketing Manager 3Second Hendri Sase mengatakan, “Kami bangga sekali mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan 2 brand kami di Paris, pusat mode dunia. Ini menjadi sebuah milestone baru bagi kami dalam perjalanan menjelang dua dekade di industri fashion, dan ini menjadi bagian dari #3SecondJourney kami.”

Lini koleksi pertama yang akan diperkenalkan di Paris Fashion Week 2022 adalah hasil kolaborasi 3Second dengan Danjyo Hiyoji yang berjudul “Heeji” yang berasal dari Bahasa Sunda berarti satu. Koleksi kolaborasi ini terinspirasi dari Seren Taun, yaitu upacara tradisi selebrasi panen padi di Jawa Barat. Berbagai elemen khas Jawa Barat seperti topi totopong, alat musik angklung dan karinding akan menyatu dengan gaya kontemporer anak muda masa kini yang terbuka dan memiliki identitas tersendiri.
Sementara Greenlight menggandeng Ican Harem di lini koleksi kedua bertema “Traffic Light” yang mengangkat suasana jalanan dan kemacetan masyarakat perkotaan di Indonesia. Ican dengan jeli menangkap situasi hiruk pikuk kemacetan lalu lintas di jalanan dalam desain fashion kreatif yang unik. Ciri khas masyarakat Indonesia yang kreatif dan selalu bisa melihat peluang dari berbagai kondisi ini juga menjadi cerita di balik nama brand Greenlight yang selain bermakna “lampu hijau” tapi secara filosofi juga jadi semangat brand untuk “maju terus”.

Didukung Ariel Noah dan para content creator
Ariel Noah selaku Brand Ambassador Greenlight, bersama sejumlah pekerja seni dan content creator lain seperti Anya Geraldine, Keanuagl, Reza Arap, Wendy Walters, Adipati Dolken, Canti Tachril dan Tyna Dwijayanti akan mendukung 3Second dan Greenlight secara langsung di Paris.
“Kegiatan Vakansi ke Paris ini jadi sebuah misi pribadi yang jauh lebih penting dari sekadar jalan-jalan. Kreativitas pekerja seni Indonesia yang tak terbatas sudah waktunya mendapat kesempatan di pasar internasional. Dukungan saya pada produk lokal juga lebih dari sekadar gerakan bangga menggunakannya saja. Kritis terhadap aspek kualitas dan kreativitas juga bisa membangun dan menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia. Senang sekali melihat antusiasme dan dukungan yang datang dari rekan-rekan pekerja seni dan content creator. Semoga membuat kita makin bangga menggunakan produk-produk brand lokal seperti 3Second dan Greenlight,” tutur Ariel.
Teks: Setia Bekti