Saat Anak Merasa Bosan di Rumah Saja, Lakukan Aktivitas Ini Bersama

Jakarta, KiraniMenahan anak-anak  untuk berdiam di rumah saja, mungkin malah akan membuat mereka stress dan merajuk. Lalu bagaimana menghadapi hal ini?

 

Seperti kita ketahui, kebijakan pemerintah untuk menerapkan social distancing atau physical distancing di tengah merebaknya pandemic covid-19, memang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi atau memutus rantai penyebaran virus corona agar jumlah penderitanya tidak terus bertambah.

 

Akibat kebijakan ini, selain para orangtua dihimbau untuk bekerja dari rumah, sekolah pun diliburkan selama 14 hari. Anak-anak belajar di rumah, mengerjakan soal yang dibelikan oleh para guru secara online. Tentu saja belajar secara daring tersebut tidak berlangsung sehari penuh. Setelah tugas-tugas yang diberikan guru selesai dikerjakan, anak-anak pun bebas tugas.

 

Di rumah membuat prakarya bersama anak

 

Nah, setelah kegiatan belajar di rumah ini selesai, besar kemungkinan anak akan memiliki keinginan untuk bermain ke luar rumah. Padahal, jelas itu adalah hal yang tak mungkin dilakukan pada masa physical distancing ini. Menahan mereka untuk berdiam di rumah saja, mungkin malah akan membuat mereka stress dan merajuk. Lalu bagaimana cara Anda sebagai orang tua menghadapi hal ini?

 

Membiarkan anak terus terhubung dengan gadget agar mereka tidak merajuk saat tidak diijinkan keluar, rumah tentu bukan pilihan bijaksana. Beberapa permainan menarik bisa Anda mainkan bersama si kecil, agar mereka dapat tetap di rumah saja selama masa physical distancing ini.

 

1. Berkemah di rumah

Dalam kondisi normal, berkemah memang dilakukan di luar rumah. Namun saat ini, Anda dapat mengajak si kecil berkemah di dalam rumah. Selain menyenangkan, bermain kemah-kemahan meski di dalam rumah, dapat membantu si kecil mengembangkan motorik kasar, motorik halus, serta kemampuan kognitif dan bahasanya.  Siapkan selimut, bantal dan tikar, serta bekal makan, petualangan berkemah Anda dan si kecil pun siap dimulai.

 

Berkemah di rumah menjadi kegiatan menyenangkan bersama anak

 

2. Berkreasi membuat prakarya

Ajaklah si kecil berkreasi membuat barang-barang sederhana dari benda-benda tidak terpakai yang ada di rumah. Anda bisa mengajak si kecil membuat pot bunga dari botol bekas, membuat bingkai foto atau celengan dari kardus bekas, dan sebagainya. Tentu saja semua tergantung kreativitas Anda, menciptakan benda-benda unik yang dapat membuat pengalaman di rumah saja ini menyenangkan bagi si kecil.

 

3. Memasak

Bila Anda memiliki hobi memasak, tak ada salahnya mengajak si kecil berkenalan dengan dapur dan peralatan memasak. Ajarkan ia membuat sarapan sendiri seperti sandwich atau roti lapis,  lalu mencampur beberapa bahan untuk menjadi salad, dan beberapa makanan lain yang pembuatanya tidak membahayakan. Ini akan menjadi kegiatan menyenangkan baginya selama harus berdiam di rumah saja.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

Facebook Comments