Ragam Skin Care Sebagai Perawatan Wajib Untuk Tampil Cantik

Jakarta, Kirani – Mayoritas kaum hawa selalu ingin tampil cantik. Baik dalam acara istimewa maupun dalam penampilan sehari-hari. Karenanya tak heran bila mereka begitu peduli akan produk kecantikan ataupun perawatan kulit, dan mau merogoh kantong sedalam mungkin untuk mendapatkan produk yang mampu membuat mereka tampil cantik memesona.

 

Akan tetapi, meski semua mampu membeli produk, tak semua mengerti bagaimana cara mengaplikasikan produk tersebut dengan benar. Akibatnya, tak jarang Anda memiliki produk mahal, tapi tak mendapatkan manfaatnya secara optimal.

 

Agar tak lagi salah mengaplikasikan, dan manfaatnya bisa diperoleh sempurna, yuk kita simak pembahasan mengenai beragam skincare berikut :

 

1.Exfoliating Toner

Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan memperjelas garis halus pada kulit. Toner ini mengandung berbagai macam acid, seperti salicylic acid yang baik untuk jerawat dan bekas jerawat, atau glycolic acid untuk stimulasi produksi kolagen. Toner biasa digunakan 1-2 kali sehari disesuaikan dengan kandungan toner dan kondisi kulit.

 

2.Hydrating Toner/ Lotion / Skin Refresher

Hydrating toner dibutuhkan untuk mengembalikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulit. Hydrating toner dikenal dengan bebearpa istilah, lotion untuk produk yang umumnya produksi Jepang, skin refresher untuk produk Korea. Memiliki tekstur agak kental, biasanya digunakan di telapak tagan lalu ditepuk-tepuk perlahan dan merata pada wajah agar meresap.

 

3.Serum

Memiliki konsentrasi kandungan aktif yang paling tinggi dibandingkan produk lain, serum ditargetkan untuk kebutuhak kulit secara spefisik. Misalnya, serum yang  mengandung vitamin C ditujukan utnuk mencerahkan kulit, sementara serum yang mengandung snail extract dipercaya dapat memperbaiki struktur kulit dan memperkecil pori-pori.

 

Ragam produk skincare dari berbagai merk

 

4.Essence

Essence memiliki konsentrasi kandungan aktif yang sedikit lebih rendah dibandingkan serum. Tektsturnya pun lebih beragam, ada yang cair, sedikit lebih kental, sampai yang berbetuk gel.

 

5.Booster

Booster memiliki fungsi memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit untuk menerima produk skincare yang diaplikasikan sesudahnya. Seperti essence, booster juga memiliki tekstur yang beragam, mulai dari  air, sedikit kental, dan gel. Cara pemakaiannya seperti hydrating toner, ditepuk-tepuk di kulit wajah secara perlahan.

 

6.Moisturizer

Moisturizer juga dikenal dapat melembabkan wajah. Memiliki berbagai tekstur, Anda sebaiknya tidak asal pilih saat membeli moisturizer. Bagi Anda yang berkulit berminyak, gunakan moisturizer dengan tekstur gel, sementara bagi yang memiliki kulit kering, moisturizer bertekstur krim akan lebih sesuai.

 

7.Emulsion

Dikenal sebagai light moisturizer, emulsion juga berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, dengan tekstur sedikit cair menyerupai susu. Di Korea, emulsion dikenal dengan istilah lotion. Sementara di Jepang, istilah lotion digunakan untuk toner. Jadi, perhatikan baik-baik sebelum membeli ya.

 

8.Face Oil

Face oil menjadi salah satu skincare yang diminati. Fungsinya sebagai pelembab wajah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus pada wajah, membuat face oil  digandrungi para wanita yang peduli akan kecantikan. Tak hanya itu, face oil juga membuat wajah lebih halus dan kenyal. Cukup dengan 2-4 tetes lalu ratakan ke seluruh wajah, dengan pemakaian rutin kulit Anda akan terlihat lebih muda dari sebelumnya.

 

 

 

Teks : Setia Bekti (Dari berbagai sumber) | Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments