Pola Makan Sehat Untuk Hidup Lebih Sehat

Jakarta, Kirani – Baju atau celana terasa sesak? Sulit untuk kembali ke ukuran tubuh Anda semula? Barangkali ada yang harus diperbaiki dari pola makan Anda.

 

Memiliki  tubuh proporsional memang menjadi dambaan setiap orang, pria maupun wanita. Namun diet atau pola makan yang salah tak jarang menyebabkan rasa lapar semata, tanpa berkurangnya berat badan, atau kembalinya tubuh ke bentuk semula.

 

Salah satu yang menjadi pokok permasalahan adalah salah menerapkan pola makan. Diet ketat tanpa memikirkan asupan yang dibutuhkan, malah membuat tubuh Anda lemas, dan berakhir dengan nafsu makan yang semakin menggila atau justru jatuh sakit.

 

Jadi apa yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal? Yuk, kita simak bersama penjelasan berikut ini.

 

Perbanyak buah dan sayuran

 

1. Mindful Eating

Mindful eating adalah kesadaran pada saat makan. Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerima sinyal kenyang setelah Anda selesai makan. Seringkali orang terus makan tanpa menyadari bahwa sesungguhnya perutnya sudah penuh. Oleh karena itu penting untuk memikirkan setiap suapan. Nikmati tekstur makanan, pelajari rasa yang masuk ke dalam mulut. Dengan demikian otak bisa memproses sinyal saat kita sudah kenyang dan mengomando tubuh untuk berhenti makan.

 

2. Diet Kenyang

Kebanyakan orang rela berlapar-lapar demi untuk mendapatkan tubuh ideal. Padahal, tidak harus lapar lho untuk menjalankan diet. Salah satu yang mempopulerkan diet kenyang ini adalah Dewi Hughes. Artis yang dulu memiliki tubuh cukup besar ini berhasil menurunkan berat badannya hingga 75 kg dalam waktu kurang dari 10 bulan. Diet kenyang menjadi kuncinya hingga berhasil menurunkan berat badan sebanyak itu. Apa yang ia lakukan dalam program diet kenyang tersebut?

 

Pertama, Dewi Hughes tidak mengkonsumsi nasi. Sumber karbohidrat ia peroleh dari kentang dan umbi-umbian. Kedua, perbanyak minum air putih. Ketiga, ganti sarapan dengan buah atau sayur, dimana Anda bisa menyantapnya hingga kenyang. Keempat, tidak mengonsumsi makanan kemasan. Karena makanan kemasan dapat dipastikan mengandung bahan yang kurang sehat. Usahakan selalu masak sendiri bila Anda ingin konsumsi protein hewani, dan hindari garam dan bumbu penyedap. Gunakan bumbu-bumbu lain yang lebih alami. Selain itu, Dewi Hughes juga menhindari gorengan, selalu mengkonsumsi air kelapa hijau untuk detoksifikasi tubuh, dan terakhir makan buah sebanyak-banyaknya bila masih lapar.

 

Olahraga untuk hidup lebih sehat

 

3. Workout atau olah raga

Setelah menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga dapat membantu tujuan Anda, bentuk tubuh ideal, tercapai dengan lebih mudah. Hindari olahraga berat yang hanya sesekali atau satu kali dalam seminggu. Lebih baik olah raga ringan tetapi dilakukan setiap hari.

 

Rutin melakukan langkah-langkah di atas, jadikan kebiasaan, maka bukan hanya tubuh ideal yang Anda dapatkan, akan tetapi tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat karena terbiasa menjalani gaya hidup sehat.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments