‘Parasite’ Menang Oscar, Saatnya Sinema Asia Unjuk Gigi di Ajang Global

Jakarta, Kirani – Industri film Korea sedang menggeliat dan unjuk gigi pada dunia. Tahun ini, tepat 100 tahun perfilman Korea, sutradara Bong Joon-ho memberikan hadiah termahal, yaitu ‘Parasite’ berjaya di ajang Oscar.

 

Academy Awards ke-92 atau  Piala Oscar 2020 yang berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (9/2) malam waktu setempat atau Senin (10/2) pagi waktu Indonesia ini, menobatkan Parasite menjadi pemenang utama Oscar 2020 dan menyabet Best Pictures.

 

Selain itu, di ajang global Oscar 2020, kejutan besar kembali datang dari sutradara yang biasa disapa Bong ini. Melalui film Parasite, ia  meraih dan membawa pulang piala Sutradara Terbaik, Skenario atau naskah asli terbaik serta Film Internasional terbaik.

 

Bong meraih piala kategori Sutradara Terbaik, setelah banyak analisis mengunggulkan Sam Mendes di film 1917. Tentu saja, kemenangan Bong ini menjadi perbicangan tentang film Asia.

 

Film Parasite merupakan film drama komedi tentang keluarga miskin yang menyusup ke rumah orang kaya. Dan di ajang Oscar 2020, film berjudul Korea Gisaengchung ini menjadi film bahasa asing pertama yang meraih hadiah utama. Film besutan Bong ini bahkan berhasil mengalahkan beberapa film yang unggulan lainnya seperti 1917, Once Upon a Time in Hollywood, Jojo Rabbit, dan The Irishman.

 

Film Parasite juga menandai pertama kalinya dalam 65 tahun – sejak Marty pada tahun 1955 – bahwa film yang memenangkan Palme d’Or di Cannes, Prancis 2019 ini kemudian berkembang menjadi pemenang film Oscar.

 

Menariknya ketika film ini didampuk sebagai pemenang film terbaik, sutradara Bong memberikan panggung kepada dua aktor utamanya: Song Kang-ho dan Chang Hyae-jin.

 

Dalam kesempatannya Song mengatakan, “Momen pertama dalam sejarah sedang terjadi sekarang.” Sementara Hyae memberikan penghormatan kepada sutradara dan memuji “Rambutnya (Bong) yang gila, cara dia berbicara, cara dia berjalan, dan terutama cara dia mengarahkan para pemain di film ini,” kata Hyae yang langsung mendapat applaus dari penonton.

 

Para pendukung film Parasite

 

Selanjutnya, di kesempatan itu Bong juga menyatakan berterima kasih kepada publik sinema Korea. “Karena tidak pernah ragu-ragu untuk memberi kami pendapat langsung yang membuat kami tidak akan pernah berpuas diri, dan terus mendukung,” kata Bong.

 

Saat menerima penghargaan, Bong juga mengatakan, “Kami tidak pernah menulis untuk mewakili negara kami, tapi ini sangat pribadi bagi Korea Selatan.” Tak lupa, Bong juga mengucapkan terima kasih untuk istrinya yang bijaksana dan aktor-aktor yang berperan di film judul aslinya

 

Memang, malam penghargaan Academy Awards ke-92 menjadi ajang bergengsi yang memberikan penghargaan bagi insan film dengan pencapaian tertinggi.

 

Dan berikut daftar lengkap pemenang Oscar tahun 2020.

Aktor terbaik: Joaquin Phoenix – Joker

Aktris terbaik: Renée Zellweger – Judy

Aktor pendukung terbaik:  Brad Pitt – Once Upon a Time … In Hollywood

Aktris pendukung terbaik:  Laura Dern – Marriage Story

Sutradara terbaik: Bong Joon Ho – Parasite

Best Picture: Parasite – Kwak Sin Ae dan Bong Joon Ho, Produser

Best original song: “(I’m Gonna) Love Me Again” – dari Rocketman; Musik oleh Elton John; lirik by Bernie Taupin

International Feature Film:  Parasite – Korea Selatan

Desain kostum: Little Women – Jacqueline Durran

Desain produksi: Once Upon a Time … In Hollywood – Desain produksi: Barbara Ling; Dekorasi set: Nancy Haigh.

Film pendek (live action): The Neighbors Window – Marshall Curry

Naskah adaptasi terbaik: Jojo Rabbit – Taika Waititi

Naskah asli terbaik:  Parasite – Bong Joon Ho, Han Jin Won; Cerita oleh: Bong Joon Ho

Film pendek (animasi): Hair Love – Matthew A Cherry dan Karen Rupert Toliver

Film fitur animasi: Toy Story 4 – Josh Cooley, Mark Nielsen, dan Jonas Rivera

Sound editing: Ford v Ferrari – Donald Sylvester

Sound Mixing: 1917 – Mark Taylor dan Stuart Wilson

Best original score: Joker – Hildur Guðnadóttir

Sinematografi: 1917 – Roger Deakins

Film editing: Ford v Ferrari – Michael McCusker dan Andrew Buckland

Efek Visual: 1917 – Guillaume Rocheron, Greg Butler, dan Dominic Tuohy

Penata rias dan rambut: Bombshell – Kazu Hiro, Anne Morgan, dan Vivian Baker

 

 

Teks Hadriani. P | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments