Pahami Dengan Baik Mitos Seputar Kesehatan

Jakarta, KiraniUntuk menjaga kesehatan tubuh, memenuhi asupan nutrisi  adalah sebuah hal yang sangat penting. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, kondisi tubuh akan tidak seimbang, yang pada akhirnya mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.

 

Sayangnya, di tengah-tengah masyarakat yang selalu ingin menjaga kesehatan tubuhnya, kerap beredar rumor ataupun mitos seputar kesehatan, yang kerap dianggap fakta, padahal tidak dapat dipertanggung jawabkan  kebenarannya.

 

Sebagai manusia dewasa yang diberikan akal dan pikiran, tentu saja kita harus dapat menyaring, mana informasi yang benar, mana yang hanya mitos. Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengajak Anda membahas beberapa mitos tentang kesehatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, akan tetapi terlanjur dipercaya oleh banyak orang.

 

Wanita sedang sarapan

 

 

1.Tidak sarapan membantu melangsingkan tubuh

 

Naik turunnya berat badan sangat diperhitungkan dari kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pada saat melewatkan sarapan, yang sering terjadi adalah Anda akan kelaparan saat tiba waktu makan siang, dan akan menyantap makanan dengan porsi yang berlebih.

 

Tentu saja hal ini akan berakibat tidak baik, bukan hanya program diet Anda akan rusak karena asupan kalori berlebih, lambung Anda pun bisa mendapatkan masalah, karena harus menerima begitu banyak asupan setelah kosong selama setengah hari. Akibatnya, lambung Anda bisa saja menjadi luka dan Anda harus mengidap maag atau tukak lambung.

 

Jadi, sebaiknya jangan pernah absen sarapan. Karena tubuh membutuhkan asupan di pagi hari, meski jumlahnya tidak harus banyak. Tapi makanan bernutrisi penting untuk mengisi pagi hari Anda, membuat Anda bertenaga di pagi hari dan mampu menghadapi hari dengan semangat.

 

Wanita sehat dengan berbagai buah

 

 

2.Air dingin membuat badan jadi gemuk

 

Benarkah banyak minum air dingin dapat membuat tubuh menjadi gemuk? Sebagian orang percaya konsumsi air dingin dapat membekukan lemak di perut, dan tentu saja mengakibatkan kegemukan. Faktanya, menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, saat kita mengonsumsi air dingin, suhu air tersebut akan menghangat sehingga sesuai dengan suhu tubuh, sehingga sangat tidak mungkin air membekukan lapisan lemak.

 

Karenanya, selama yang Anda minum air putih dan bukan minuman manis yang mengandung kalori tinggi, tak perlu khawatir minuman tersebut akan menambah berat badan Anda. Selain itu, air putih baik dalam kondisi dingin ataupun panas, tetap saja nol kalori. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

 

3.Semua jenis buah baik untuk tubuh

 

Sebenarnya tidak salah, buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan.

 

Hampir semua buah mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Akan tetapi tidak semua buah sesuai untuk semua orang. Jeruk misalnya, tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung, karena sifat asamnya dapat menyakiti luka di lambung. Begitupun durian, tidak baik untuk penderita kolesterol atau asam urat tinggi. Jadi, selama masih dalam batas kewajaran, dan paham mana yang tepat dan tidak, nutrisi buah memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

 

Sampai disini jelas kan, bahwa sebaiknya, beragam mitos dan fakta seputar kesehatan yang beredar di sekitar, Anda pastikan dulu kebenarannya, sebelum Anda percayai.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

Facebook Comments