Mencari Sahabat Sejati? Ada Tipsnya Lho

Jakarta KiraniSalah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial adalah memiliki teman. Jarang sekali manusia yang dapat hidup tanpa memiliki teman. Terutama bagi kita para wanita, memiliki sahabat c sangatlah penting.

 

Namun tentu saja perlu diingat, tidak mudah mencari sahabat atau teman dekat. Teman dimana kita dapat menceritakan segala hal tanpa takut dihakimi. Teman dimana kita dapat mencurahkan isi hati, teman tempat kita menceritakan segala rahasia, tanpa takut rahasia itu akan tersebar suatu saat nanti.

 

Tentu tak  mudah mencari teman seperti itu, dibutuhkan waktu panjang dan pemahaman yang benar tentang orang tersebut hingga kita mencapai level yang disebut teman dekat atau sahabat. Salah memilih teman untuk dijadikan sahabat, akan berakibat sangat buruk dan merugikan, baik secara fisik, psikis atau lainnya.

 

Untuk itu ada beberapa tips yang bisa Anda ingat sebagai panduan sebelum menjadikan seseorang menjadi sahabat atau teman dekat Anda :

 

Wanita sharing dengan sahabat

 

1.Sudah cukup lama dekat dengan Anda

Menceritakan rahasia pribadi tak mungkin kepada sembarang orang bukan? Selain harus menyaring isi curhatan Anda, sebaiknya ceritakan hal pribadi ini hanya kepada orang yang sudah lama Anda kenal. Setelah lama berteman, tentu Anda mengetahui sifat dan karakter aslinya. Apakah teman tersebut sosok yang bisa dipercaya atau tidak. Hal ini penting, karena Anda tentu tak ingin curahan hati Anda tersebar ke mana-mana.

 

2.Pendengar yang baik

Saat Anda sedang bercerita, tentu Anda ingin lawan bicara mendengarkan bukan? Bila seseorang ikut berbicara sementara Anda sedang menceritakan hal penting, pasti rasanya mengesalkan. Oleh karena itu, penting untuk memilih seorang pendengar yang baik untuk menjadi sahabat yang bersedia mendengarkan curhatan atau apapun cerita Anda hingga selesai, baru menanggapinya. Karena dipotong saat Anda sedang berbicara sangat tidak menyenangkan, apalagi bila ia justru menceritakan tentang dirinya sendiri bahkan sebelum Anda selesai bercerita.

 

3.Dapat memberi solusi

Banyak wanita yang mengatakan, kami hanya butuh didengarkan, bukan untuk mencari solusi. Jadi cukup dengarkan tanpa perlu terlalu banyak komentar. Hal ini memang ada benarnya. Akan tetapi terkadang kita juga membutuhkan solusi, tentu saja setelah selesai bercerita. So, penting juga untuk mencari teman yang bisa memberi solusi saat dibutuhkan.

 

4.Bukan provokator

Hindari memilih teman curhat yang provokatif dan emosional. Teman yang seperti itu tak akan bisa menjadi teman curhat yang baik. Bukannya mendengarkan cerita Anda, bisa jadi dia malah memprovokasi dan memberikan solusi yang emosional.

 

5.Teman yang peduli

Pada dasarnya, kita berharap dikelilingi oleh orang yang peduli pada diri kita. Buat apa bercerita pada orang yang tak peduli pada Anda? Karenanya, sebelum memutuskan untuk dekat dan bercerita mengenai diri Anda, pastikan bahwa dia memang teman yang peduli pada kehidupan Anda, bukan sekadar penasaran lalu sibuk menceritakan kisah Anda kepada temannya yang lain.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments