Lakukan Olahraga Ringan di Kantor Untuk Hidup Lebih Sehat

Jakarta, Kirani – Kesibukan dan rutinitas yang dilakukan setiap hari kerap membuat kita melupakan olahraga. Dibarengi pola makan yang tidak terkontrol, akibatnya tubuh pun mudah terserang berbagai penyakit. Padahal, bila Anda mau meluangkan waktu sedikit saja, bisa lho melakukan beberapa gerakan senam ringan di kantor. Setidaknya mampu mengurangi rasa nyeri di punggung, sakit leher, dan beragam keluhan ringan lainnya.

 

Berikut beberapa gerakan olahraga yang dapat Anda lakukan di sela-sela kesibukan bekerja di kantor :

 

 

1.Berjalan

Tak baik duduk terlalu lama saat bekerja. Hal ini dapat membuat Anda mengalami nyeri punggun. Oleh karenanya, cobalah untuk mengambil istirahat sejenak, lalu berjalan ke beberapa tempat, misalnya ke toilet, atau ke pantry atau sekedar keliling ruangan kantor. Dengan demikian Anda bisa melemaskan otot-otot yang sebelumnya tegang akibat duduk terlalu lama. Selain itu, tak ada salahnya untuk menaiki tangga dibandingkan harus selalu menggunakan lift. Terlebih bila kantor Anda tidak terlalu tinggi.

 

2. Menggerakkan leher

Berlama-lama di depan computer dapat membuat leher dan mata terasa sakit. Pergilah menjauh dari computer selama beberapa menit, kemudian gerakkan leher Anda ke atas dan ke bawah. Selanjutnya ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini mampu melemaskan otot-otot leher yang kaku akibat terlalu lama berdiam di depan komputer.

 

 

3. Peregangan punggung

Berdiri dari kursi kemudian sentuhlah jari-jari kaki Anda. Lakukan dua sampai tiga kali. Atau bila tak ingin dilihat oleh rekan kerja, coba lakukan hal ini sambil duduk di kursi. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat melemaskan otot-otot punggung, terlebih bila terasa mulai kaku dan nyeri.

 

4. Pijat pergelangan tangan dan jari

Mengetik pada keyboard computer ataupun laptop serta lama memegang mouse computer mengakibatkan tangan dan jari-jari Anda terasa pegal. Untuk mengatasinya, cobalah pijat tangan dan jari Anda dengan lembut selama beberapa menit. Pijatan lembut Anda biasanya mampu menghilangkan pegal-pegal sehingga Anda bisa kembali bekerja.

 

Mudah bukan? Sisipkan latihan-latihan ringan di atas untuk membantu mengurangi pegal-pegal atau nyeri yang diakibatkan otot-otot yang tegang. Dibantu dengan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, maka tubuh Anda pun tak mudah terpapar penyakit. Selamat mencoba!

 

Teks : Tya            Foto : Dok. Istimewa

 

 

 

Facebook Comments