Konsumsi 7 Buah Ini Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Jakarta, Kirani – Saat ini, masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia tengah berperang melawan virus corona, yang kini memiliki nama baru Covid-19. Meski tidak se-mematikan pendahulunya, yaitu SARS dan MERS, namun penyebaran Covid-19 lebih cepat dibandingkan dua pendahulunya tersebut.

 

Salah satu cara untuk membuat diri kita tidak mudah tertular virus corona ataupun penyakit lainnya adalah dengan menjaga kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik, maka segala macam virus dan bakteri pun enggan menghampiri. Namun, bila sistem kekebalan tubuh tidak bekerja, maka virus, bakteri, parasit dan sebagainya akan dengan leluasa memasuki tubuh kita.

 

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja sempurna.  Dan seperti kita ketahui salah satu makanan bergizi yang bukan hanya sehat tetapi juga alami adalah berbagai macam buah-buahan. Kebanyakan buah mengandung vitamin C, A, folat, juga berbagai nutrisi penting lain yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Apakah semua buah memiliki kandungan vitamin yang diperlukan? Sayangnya tidak semua buah memiliki kriteria tersebut. Ingin tahu buah-buahan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh? Mari kita simak :

 

Vitamin C dalam jeruk membantu menjaga kekebalan tubuh

 

1.Jeruk

Kita mengenal berbagai jenis jeruk, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk purut, juga berbagai jeruk manis seperti jeruk mandarin, jeruk Pontianak, dan sebagainya. Beragam jenis jeruk ini, baik yang rasanya masam maupun manis, merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

 

Seperti disebut oleh Wikipedia, Vitamin C atau dalam bahasa kimia disebut sebagai asam askorbat dikenal memiliki peran penting dalam menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Membantu tubuh melawan berbagai penyakit seperti flu ataupun infeksi virus.

 

2.Pepaya

Bukan hanya jeruk, pepaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat dibutuhkan untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sarat akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit, papaya merupakan buah tropis yang memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

 

Tak hanya itu, pepaya juga disebutkan memiliki efek meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Walaupun disebutkan juga hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

 

3.Berry

Buah-buahan dari keluarga berry, seperti strawberry, mulberry, juga blueberry, kaya akan kandungan vitamin C dan bioflavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Satu cangkir strawberry mengandung 100mg vitamin C, yang artinya hampir sama dengan secangkir jus jeruk. Sementara, berry hitam seperti blueberry kaya akan bioflavonoid. Untuk  meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara optimal, rutin konsumsi semangkuk buah berry dari beragam jenis akan sangat membantu.

 

Beragam buah berry mampu meningkatkan kekebalan tubuh

 

4.Kiwi

Tinggi kandungan vitamin C, salah satu manfaat penting buah kiwi bagi kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Bukan hanya vitamin C, kiwi juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti folat, potassium, dan vitamin K.

 

Salah satu studi bahkan menemukan bahwa kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit flu. Hal ini terutama berlaku pada kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas usia 65 dan anak-anak.

 

5. Jambu Biji

Tak banyak yang mengetahui bahwa jumlah kandungan vitamin C di dalam jambu biji sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan di dalam jeruk.  Kandungan vitamin C yang tinggi ini tentu saja sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan pelindungan alami terhadap infeksi dan penyakit, serta membunuh virus dan bakteri.

 

6. Semangka

Siapa yang tak suka semangka? Saat panas melanda, buah ini memberikan kesegaran yang mampu melepas dahaga juga membangkitkan semangat. Ternyata bukan hanya itu kelebihan semangka, buah yang memiliki dua warna ini, merah dan kuning, memiliki kandungan antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi. Pada semangka yang berwarna merah, kandungan likopen sebagai pemberi warna merah pada daging semangka, membantu mengurangi peradangan pernapasan, yang membantu mencegah terjadinya infeksi.

 

Sebagai antioksidan, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan otak, membantu menunda perkembangan penyakit Alzeimer. Selain itu semangka juga membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, berkat kandungan antioksidan, anti-inflamasi, likopen serta vitamin C yang ada didalamnya.

 

7. Tomat

Tomat mungkin satu-satunya yang bingung apakah harus masuk ke dalam kelompok buah-buahan atau sayuran. Mari sejenak melupakan perdebatan tersebut dan melihat manfaat tomat terhadap tubuh kita. Kaya akan kandunga likopen, membuat tomat mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. sementara kandungan folat membuatnya menurunkan risiko infeksi dan peradangan.

 

Tak hanya itu, tomat juga mengandung antioksidan tinggi yang melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Di dalam buah tomat terkandung tiga nutrisi antioksidan utama yaitu beta-karoten, vitamin C dan vitamin E, yang semuanya sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

Nah, mulai sekarang, jangan biarkan hari Anda berlalu begitu saja tanpa mengonsumsi buah-buahan bermanfaat ini. Bila Anda tak terlalu senang mengonsumsi buah dalam bentuk utuh, cobalah berkreasi dengan memadukan 2-3 buah kemudian dijadikan jus atau smoothies. Karena dalam bentuk yang lebih lunak dan rasa yang lebih variasi, semangkuk buah aneka rasa ataupun segelas jus buah bagus dan bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments