Komunikasi, Hal Penting Dalam Sebuah Hubungan

Jakarta, KiraniAnda dan pasangan saling mencintai, hingga merasa tidak dapat dipisahkan, hanyalah unsur kecil untuk berkomitmen dalam hidup berumahtangga. Merasa nyaman dan punya chemistry yang begitu pas juga jadi bagian dalam menentukan apakah dia orang yang tepat untuk Anda.

 

Namun, ada unsur terpenting yang akan membawa hidup pernikahan Anda jauh ke depan: komunikasi. Siapakah Anda, introvert atau ekstrovert, bawel atau pendiam, Anda tetap harus berkomunikasi dengan pasangan Anda untuk berjalan bersama menuju satu tujuan.

 

Jadi bagaimana Anda dan pasangan berkomunikasi? Bagaimana cara Anda berkomunikasi? Tutur bahasa apakah yang Anda pilih dalam berkomunikasi? Bagaimana karakter pasangan Anda? Semasa berpacaran, dunia serasa milik Anda berdua, namun saat Anda memasuki hidup pernikahan, disitulah realitas kehidupan dimulai.

 

Mereka yang extrovert cenderung mendominasi pembicaraan

 

Ekstrovert dan Introvert

Lihat sekeliling Anda. Ada yang dominan dan sub-dominan. Ada yang bawel dan pendiam. Ada yang ekstrovert juga ada yang introvert. Anda perlu mengerti karakter diri sendiri dan seperti apa Anda berkomunikasi. Tentu saja jika Anda orang yang dominan, esktrovert, alfa-female, Anda perlu menyesuaikan diri sebagai seorang isteri. Kutub magnet positif tidak akan menempel dengan kutub magnet positif. Jadi sesuaikan cara berkomunikasi dengan mengerti terlebih dahulu seperti apa karakter Anda sendiri.

 

Cara Berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan pernikahan. Apakah saat menyatakan perasaan Anda di satu momen, saat meluapkan kemarahan untuk sesuatu yang Anda rasa tidak benar. Atau saat mengekspresikan pernyataan cinta Anda saat berhubungan intim misalnya, berdiskusi tentang satu keputusan yang Anda harus ambil berdua. Atau yang paling sederhana, hendak makan apa Anda dan suami malam ini. Intonasi dan nada dalam berkomunikasi perlu diperhatikan.

 

Menjadi pendengar yang baik

 

Pendengar yang Baik

Berkomunikasi berarti juga menjadi pendengar yang baik. Pria ingin didengar dan dimengerti. Wanita juga ingin didengar dan dimengerti. Terkadang ada salah satu pihak yang harus lebih banyak mendengar dan mengerti. Tentu saja lama kelamaan hal ini akan menjadi bom waktu jika Anda harus mendengar dan mengerti tanpa didengar dan dimengerti. Untuk menjadi pendengar yang baik, Anda juga perlu untuk dapat berkomunikasi dengan baik.

 

Gestur Tubuh

Gestur tubuh adalah salah satu unsur dalam berkomunikasi. Bagaimana mengungkapkan sesuatu yang Anda tidak nyaman sementara di sisi lain pasangan Anda sedang tidak peduli atau tidak berfungsi sebagai pendengar yang baik. Tentu saja hal tersebut akan mengecewakan Anda.

 

Belajar Melihat Hal Positif

Manusia memiliki banyak kekurangan, termasuk Anda dan pasangan. Belajarlah untuk melihat hal positif pada diri pasangan Anda, dan bukan hal yang negatif. Anda akan menjadi negatif jika selalu melihat hal negatif di diri pasangan Anda. Dengan melihat hal positif maka cara Anda berkomunikasi pun akan menjadi positif. Anda akan menjadi pendengar yang baik dan gestur tubuh Anda pun mendukung itu.

 

 

 

Teks : Setia  Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments