Ketika Covid-19 Menyebar, Menjangkiti Para Pesohor, Tokoh dan Pejabat Negara, Yang Utama Tingkatkan Imunitas Diri

Jakarta, Kirani – Dunia kini bersedih dan mulai meningkatkan kewaspadaan. Bahkan beberapa negara mulai menerapkan kondisi Siaga terhadap Virus Corona atau Covid-19 yang kini mulai menjangkit dan kena berbagai kalangan.

 

Dalam beberapa waktu ini, pasien baru yang terjangkit Covid-19 melanda beberapa negara dengan jumlah yang terus bertambah. Bahkan, kini korban yang terjangkit virus mematikan ini sampai juga terjangkit dan kena ke para pesohor, tokoh dan pejabat negara.

 

Berdasarkan Catatan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menerangkan angka kematian akibat Covid-19 ini mulai menyentuh angka 5 ribu orang. Dan masih berdasarkan WHO menjelaskan bahwa virus ini juga telah menginfeksi lebih dari 132.500 orang di berbagai belahan dunia. Tetapi, hal yang patut disyukuri dan menggembirakan adalah angka mereka yang sembuh dari virus ini juga bertambah.

 

Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa 10 Maret 2020 dan atas insiatifnya mengkarantina diri sendiri. Sebagai menteri kesehatan junior di Inggris, Dorries memang baru saja menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Boris Johnson yang dua hari sebelumnya diketahui terinfeksi virus ini.

 

Melalui otoritas kesehatan Inggris bekerja cepat melacak siapa saja yang telah melakukan kontak dengan Dorries, termasuk konstituen dan anggota parlemen, serta rekan kerja di Departemen Kesehatan dan Sosial Inggris.

 

Wakil Presiden Iran Positif terjangkit Virus Corona

 

Sementara di Iran, pada akhir Februari lalu mengumumkan Wakil Presiden Iran ke-7 untuk Pemberdayaan Perempuan, Masoumeh Ebtekar juga positif terjangkit virus corona (Covid-19). Ebtekar terjangkit virus mematikan itu menyusul penyebaran virus corona yang meningkat di Iran. Sebalumnya, Wakil presiden Iran ke-1, Eshaq Jahangiri, juga diduga terjangkit Covid-19, namun pemerintah Iran belum membantah atau mengonfirmasi laporan yang diterbitkan kantor berita Fars tentang hal ini.

 

Adapun Presiden Brazil, Bolsonaro melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump kurang dari sepekan lalu. Dalam.pertemuan ini melibatkan sejumlah menteri di kabinet dan pejabat senior. Pertemuan dilakukan di Mar-a-Lago.

 

Setelah pertemuan itu, sekertaris partai Alliance for Brazil, Fabio Wajngarten pada Kamis, 12 Maret 2020 dinyatakan positif virus corona, dan kini sudah dikarantina. Kabr terbaru, pengacara Bolsonaro, Karina Kufa, yang juga ikut dalam pertemuan itu juga positif terkena Covid-19.

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19

 

Tom Hank dan Istri Positif Terinfeksi Covid-19

 

Sementara pesohor Tom Hanks dan istrinya, Rita Wilson dinyatakan positif virus corona pada Kamis (11/3). Bintang film Fores Gump ini bersama Rita mengucapkan terima kasih atas dukungan publik setelah ia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

 

Bahkan melalui sebuah unggahan di Instagram, Hanks memperlihatkan kondisi terakhirnya bersama Wilson di ruang isolasi. “Halo, teman-teman. @Ritawilson dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di sini, Down Under, yang telah merawat kami dengan baik,” tulis Hanks dalam unggahan foto saat ia dan istri berpose bersama.

 

Hank kemudian kemudian menulis, “Kami terinfeksi Covid-19 dan berada dalam isolasi sehingga kami tidak menyebarkannya ke orang lain. Bagi sebagian orang, ini bisa jadi penyakit yang sangat serius.”

 

Hank juga mengatakan bahwa ia akan mengikuti saran para ahli demi menjaga diri sendiri dan orang lain. “Ingat, terlepas dari semua kejadian terkini, there is no crying in baseball,” tulis Hanks merujuk pada dialognya sebagai Jimmy Dugan di film A League of Baseball.

 

Kantor Universal Music Global (UMG) di Santa Monica, California Ditutup Untuk Desinfektan

 

Kemudian CEO dan dewan dari Universal Music Global (UMG), yaitu Sir Lucían Grainge kini juga tengah dirawat di rumah sakit, setelah dinyatakan positif terjangkit dan terinfeksi Covid-19. Menurut keterangan Billboard, saat ini Grainge tengah berada dalam perawatan rumah sakit Ronald Reagan UCLA Medical Center di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Bahkan kabar sebelumnya, bagian SDM dari UMG, Gautam Srivasta, telah memerintahkan penutupan kantornya di Santa Monica, California, untuk pembersihan dan penyemprotan desinfektan pada Jumat, 13 Maret 2020.

 

Kabarnya, Grainge baru saja mengadakan ulang tahun ke-60 di Palm Springs pada 29 Februari 2020. Acara pesta tersebut didatangi sejumlah tokoh penting seoerti CEO Apple, Tim Cook, manajer musik senior Irving Azoff dan sebagainya.

 

Social distancing membantu meminimalisir penyebaran covid-19

 

Bintang James Bond, Olga Kurylenko Positif Terjangkit Virus Corona

 

Kemudian seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Senin, 16 Maret 2020,  juga berbagi kabar sedih bahwa artis asal Úkraina, Olga Kurylenko, positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

 

Olga, bintang James Bond ini juga menulis melalui akun media sosial di Instagram-nya. “Aku sebenarnya sudah sakit selama hampir seminggu sekarang. Demam dan kelelahan adalah gejala utama saya. Jaga dirimu dan lakukan ini dengan serius!” tulis Olga.

 

Model cantik kelahiran Berdyansk, Ukraina, pada 14 November 1979 ini mengungkapkan telah dinyatakan positif mengidap virus corona atau Covid-19.

 

Menhub Budi Karya Sumadi Positif Terinfeksi Covid-19

 

Di dalam negeri, Indonesia, kabar sedih dan memprihatinkan juga datang dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi atau BKS yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

 

Kabar ini disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. “Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Subroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga,” kata Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Maret 2020.

 

Sebelumnya, BKS dikabarkan mengalami sakit tifus. BKS mengalami tifus setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja. BKS dikabarkan mengalami tifus berdasarkan hasil lab. Juru bicara Menhub Adita Irawati menjelaskan BKS tetap melaksanakan tugas sebagai menteri dari rumah. BKS diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu, 1 Maret 2020. Dan BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

 

Dan semakin ke sini daftar atau deretan penderita terjangkit virus corona (Covid-19) bisa dipastikan akan terus bertambah, tetapi dengan segala upaya yang dilakukan di seluruh negara termasuk Indonesia untuk menghadapi pandemik mengglobal ini mesti bersatu dan bersama di bawah koordinasi Presiden, sebagai pemimpin suatu bangsa.

 

Rutin olah raga membantu tingkatkan imunitas

 

Imbauan Presiden Jokowi Social Distance

 

Di Indonesia Presiden Joko Widodo memberikan bebeapa himbauan terkait Covid-19. Salah satunya adalah Jokowi mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk bekerja di rumah. Hal tersebut dilakukan Jokowi untuk meminimalisir pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Untuk mengatasi penyebaran Covid-19, Presiden RI ini membuat kebijakan imbauan, “Belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima untuk  masyakarat,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Maret 2020.

 

Presiden Jokowi mengimbau masyarakat melakukan social distance atau upaya menjaga jarak alias membatasi diri untuk bersosialisasi dan mengurangi kerumunan, demi cegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

 

Sementara pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Kewaspadaan dan kesiagaan pendekatan public health emergency menjadi penting dan mendesak dilakukan.

 

Ketua Umum PP IAKMI Ede Surya Darmawan melalui keterangan resminya Senin, 16 Maret 2020, mengatakan IAKMI mendukung anjuran pemerintah untuk melakukan mitigasi pandemi melalui social distancing untuk mengurangi risiko penyebaran virus Corona (Covid-19).

 

Tingkatkan Imunitas, Daya Tahan Tubuh Agar Seseorang Tak Mudah Terjangkit Covid-19

 

Adapun selain faktor menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan, mengkonsumsi makanan hal penting yang juga disikapi adalah tentang meningkatnya gaya hidup sehat. Nah, salah satu gaya hidup sehat yang bisa dilakukan adalah dengan rajin berolahraga.

 

Menurut dokter Michael Triangto, aktivitas olahraga diyakini mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan diri atau tubuh sehingga seseorang menjadi tidak mudah terjangkit virus, termasuk virus Corona atau Covid-19.

 

“Yang utama kita perlu tingkatkan imunitas diri melalui gaya hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, makanan dan juga olahraga. Kita harus bisa meningkatkan imunitas diri,” kata Michael, pakar dan dokter ahli olahraga ini.

 

“Olahraga apabila dilakukan dengan benar dan tepat, akan dapat meningkatkan imunitas,” lanjutnya, pada pekan lalu di Jakarta.

 

Semoga badai atau masalah virus corona (Covid-19) ini bisa cepat berlalu.

 

 

Teks : Hadriani P | Foto : Dok. Istimewa

 

Facebook Comments