Ingin Cantik Natural ala Meghan Markle di Pesta Pernikahan? Bisa kok!

Jakarta, KiraniRoyal Wedding antara Prince Harry dan Meghan Markle memang sudah beberapa waktu berlalu. Namun pembahasan mengenai pernikahan ini rasanya masih menarik, dan tak ada habisnya. Salah satu yang menjadi topik menarik adalah makeup Meghan yang begitu natural dan begitu cantik. Sebagian orang berpendapat, makeup tersebut terlalu natural, terlalu sederhana untuk sebuah pernikahan, terutama royal wedding. Sebagian lagi beranggapan, riasan Meghan sudah sangat sempurna, menampilkan kecantikan khas sang pengantin di hari istimewanya.

Daripada sibuk sendiri memperdebatkan hal tersebut, kenapa kita tidak bertanya langsung kepada ahlinya. Berikut adalah pendapat dari dua makeup artist berpengalaman mengenai makeup natural Meghan Markle.

Meghan & Prince Harry saat pemberkatan di gereja

Adi Adrian

Pengalaman bertahun-tahun merias pengantin tradisional dan internasional, membuat Adi Adrian sudah sangat mahir mengenali karakter kulit dan wajah kliennya. Dan menurut Adi, riasan wajah Meghan Markle sudah sangat sesuai dengan pernikahan yang digelar pada siang hari dengan konsep outdoor. “Coba deh kita bayangkan kalau saat itu Meghan menggunakan foundation dan bedak tebal, lalu difoto dengan paparan sinar matahari siang, tentu akan terlihat kurang cantik,” ujar Adi yang lalu menambahkan bahwa makeup natural ini pun sangat tepat diaplikasikan pada seremoni pernikahan di geraja maupun masjid, karena biasanya pengantin wanita mengenakan busana putih.

Adi yang sejak awal karir selalu menyenangi konsep flawless dan natural makeup ini menuturkan bahwa dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan tingkat tingi untuk dapat menghasilkan riasan seperti yang dihasilkan oleh Daniel Martin, makeup artist yang dipilih Meghan, tersebut.  Setiap area wajah harus benar-benar diperhatikan, aplikasi pelembab, baseblush-on, harus rata dan tipis layer demi layer untuk mendapatkan hasil yang begitu cantik dan glowing. Pemasangan bulu mata, eye liner, juga alis harus rapi tanpa ada salah sedikitpun.

Meski kurang popular, rias wajah natural ini sebenarnya sudah sering diaplikasikan di Indonesia. Baik di Jakarta ataupun di Bali yang memang lebih akrab dengan konsep natural wedding. “Konsep makeup ini cocok untuk semua jenis kulit, juga untuk kulit gelap seperti kebanyakan wanita Indonesia. Seperti Meghan yang berdarah campuran, kulit wanita Indonesia justru akan terlihat glowing dengan konsep ini,” papar Adi.

Meghan & sang ibu yang berkulit gelap. Dari ibunyalah asal mula kulit cantik eksotis Meghan

“Kecenderungan pengantin sekarang ini adalah tampil apa adanya, sesuai dengan karakter diri sendiri. Karena mereka tak ingin terlihat aneh saat menikmati hasil foto atau video pernikahan sekian tahun ke depan. Karenanya makeup natural mulai diminati terutama untuk acara pagi dan siang hari. Khusus untuk acara malam, pengantin biasanya ingin yang lebih berwarna,” tambah Adi.

Irwan Riady

Seperti Adi Adrian, makeup artist senior Irwan Riady yang lebih sering menangani pengantin tradisional, juga beranggapan bahwa karakter wajah Meghan memang sangat cocok dengan natural makeup. “Saya kira Meghan ingin menjadi diri sendiri saat hari pernikahannya. Pilihan yang tepat menurut saya, menghasilkan makeup yang sesuai dengan karakter wajah dan kepribadiannya.”

Kebanyakan orang Indonesia beranggapan bahwa pengantin harus tampil ‘manglingi’ saat hari pernikahan. Namun menurut Irwan, manglingi atau tidaknya sang pengantin kembali kepada aura masing-masing. Ada yang sudah dirias tebal namun auranya tidak keluar, sehingga tetap tidak manglingi. Ada juga yang hanya dirias sederhana tapi karena aura atau inner beauty-nya keluar, maka penampilan sang pengantin akan terlihat luar biasa.

Kecantikan yang memesona Prince Harry

“Kebanyakan orang Indonesia itu menganggap bahwa makeup pengantin harus `mangling` dan tebal, kalau bisa semua makeup ditumpahkan ke wajah..hehehe…padahal di zaman now ini sudah banyak pengantin yang ingin tampil natural. Jadi sah-sah saja apabila gaya makeup seperti Meghan tersebut diaplikasikan pada pengantin Indonesia, asalkan disesuaikan dengan karakter dan wajah si pengantin serta busana yang dikenakan,” jelas Irwan.

“Selama pemilihan warna foundation, eye shadow dan lipstick tepat dan cocok dengan kulit Asia terutama wanita Indonesia, saya rasa akan cantik hasilnya. Kembali lagi, makeup untuk wedding harus disesuaikan kepada karakter serta keinginan si pengantin itu sendiri,” papar Irwan mengenai konsep natural makeup untuk kulit wanita Indonesia.

Jadi ladies, sah-sah saja kok untuk tampil natural dan glowing ala Meghan Markle di hari istimewa Anda nantinya. Asal, seperti kata Irwan tadi, pemilihan warna dan aplikasinya harus tepat dan disesuaikan dengan karakter wajah dan kepribadian Anda masing-masing.

Teks : Tya Handayani

Foto : Dok. Istimewa

Facebook Comments