Bosan Di Rumah Saja? Ini Aktivitas Menarik Yang Dapat Anda Lakukan Selama Social Distancing

Jakarta, KiraniDiam di rumah sepanjang akhir pekan tentu sudah biasa. Namun diam di rumah untuk jangka waktu yang belum dapat ditentukan,  membuat kita bingung harus melakukan apa.

 

Terkait dengan terus meningkatnya jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 atau virus corona di Indonesia, pemerintah pun mengeluarkan himbauan untuk melakukan social distancing, atau melakukan berbagai kegiatan dari rumah, seperti bekerja dari rumah, sekolah dari rumah hingga beribadah di rumah.

 

Diam di rumah sepanjang akhir pekan setelah bekerja satu minggu lamanya tentu sudah biasa. Namun diam di rumah untuk jangka waktu yang belum dapat ditentukan, atau minimal dua pekan, tentu saja membuat cukup banyak dari kita yang bingung, harus melakukan apa di rumah.

 

Terlebih lagi, akibat wabah virus corona yang sudah menjangkiti 192 negara ini, roda perekonomian di berbagai negara pun menjadi lesu. Kelesuan ini tentu berakibat pada tak banyak kegiatan seputar pekerjaan yang dapat kita lakukan, untuk sementara, hingga wabah ini berakhir.

 

Nah, untuk menghilangkan kebosanan, ada berbagai kegiatan menarik lho yang dapat Anda lakukan selama di rumah saja. Apa sajakah kegiatan tersebut?

 

Di rumah saja sambil membaca buku

 

1. Membaca buku

Sebelum ini, saat Anda berjalan-jalan di mal, bisa saja Anda tertarik pada beberapa buku dan membelinya, lalu meletakkannya begitu saja di rak buku lantaran tak  memiliki waktu untuk membacanya. Nah, sekarang ini lah kesempatan untuk membaca buku-buku tersebut. Seperti kita ketahui bersama, membaca buku selalu mampu membangkitkan inspirasi, dan membuat otak kita menjadi kembali kreatif, saat harus berada di rumah saja seperti saat ini.

 

2. Menonton

Belakangan ini ada beberapa aplikasi yang menawarkan beragam film untuk Anda tonton secara gratis. Seperti Netflix, Amazon Prime Video, HOOQ, Iflix, dan banyak lagi. Untuk mengisi waktu, mengapa tidak mengunduh salah satu dari aplikasi tersebut, silakan pilih mana yang Anda suka, lalu nikmati film-film favorit Anda. Lumayan menarik kan untuk mengisi waktu selama Anda di rumah saja.

 

3. Mengisi teka-teki silang

Kegiatan asah otak ini juga dapat membantu menghilangkan kebosanan saat Anda di rumah saja. Saat otak Anda ditantang untuk mengisi jawaban dan memasangkannya dengan tepat pada kotak-kotak yang tersedia, bukan hanya membuatnya tetep bekerja, tetapi juga wawasan Anda pun akan terus bertambah.

 

4. Menata ulang lemari pakaian

Kesibukan setiap hari membuat Anda tak pernah memperhatikan isi lemari. Bukan tidak mungkin lemari yang terlihat penuh tersebut sebenarnya berisi pakaian-pakaian yang sudah tidak ingin Anda kenakan lagi. Jadi, gunakanlah kesempatan yang Anda miliki saat harus di rumah saja, untuk menata ulang lemari pakaian. Keluarkan isi lemari, singkirkan pakaian yang sudah tidak akan Anda pakai, lalu tata kembali pakaian-pakaian yang memang masih akan dikenakan. Hasilnya? Lemari akan terlihat lebih rapi dan lowong karena barang-barang yang sudah tidak akan digunakan tidak lagi menempati sudut-sudut lemari.

 

Mengisi teka-teki silang sambil mengisi waktu di rumah saja

 

5. Berolahraga

Olah raga adalah salah satu kegiatan yang mungkin hanya Anda lakukan di akhir pekan. Itu pun bila Anda tidak terlalu lelah dan akhirnya hanya bermalas-malasan seharian.  Nah, sepanjang masa social distancing inilah waktu yang tepat untuk Anda melakukan olahraga. Tak perlu repot keluar rumah karena Anda dianjurkan untuk di rumah saja, cukup lakukan beberapa gerakan olah raga yang memang dapat dilakukan di dalam rumah. Seperti yoga, pilates, lari di tempat, lompat tali atau skipping, dan masih banyak lagi.

 

6. Menulis blog

Anda memiliki hobi menulis, namun tak tersalurkan karena kesibukan yang menyita waktu sehari-hari? Sekarang saatnya Anda menyalurkan hobi tersebut. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memulai membuat blog pribadi, wordpress misalnya. Mulailah menuliskan pikiran, ide, atau apapun yang ingin Anda tuangkan ke dalam blog pribadi Anda.

 

7. Berkebun

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong di rumah, cobalah memanfaatkannya  untuk berkebun. Anda bisa pergi sebentar ke penjual tanaman yang berada tidak jauh dari rumah, atau bisa juga melakukan pemesanan bibit bunga secara online. Kemudian, salurkanlah minat berkebun Anda dan jadikan halaman rumah indah dilihat sebagai hasil dari kegiatan Anda selama berada di rumah saja.

 

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments