Bahagia Dengan Cara Sederhana

Jakarta, Kirani – “Aduh, aku stress nih…kerjaan banyak banget, belum selesai yang A sudah ditambah lagi B, mana anak di rumah bawel banget minta ini itu…”

 

Merasa familiar dengan keluhan di atas? Ya, kebanyakan wanita memang terlahir dengan kekuatan multitalenta, bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Berbeda dengan pria yang harus fokus pada satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan lainnya.

 

Akan tetapi, tak jarang keahlian multitasking ini justru membuat stress kita para wanita. Yang satu belum selesai, sudah harus mengerjakan lainnya, lalu tiba-tiba saja masalah datang, belum selesai dengan masalah pertama, datang lagi masalah kedua. Dapat dibayangkan kepala rasanya mau pecah, perut pun ikut melilit.

 

Kalau sudah begini, hidup pun terasa sempit, dipenuhi dengan masalah. Lalu, bagaimana bahagia bisa hadir di tengah tumpukan beragam masalah?

 

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat kebahagiaan datang kepada diri kita. Karena kunci kebahagiaan itu ada pada diri kita sendiri. Kita lah yang menentukan bahwa kita ingin bahagia, bukan orang lain. Ingin tahu apa saja tips dan triknya untuk membuat diri kita bahagia? Simaklah uraian berikut :

 

Bersyukur sebelum berangkat tidur

 

1. Buat target sederhana

Setiap orang pasti memiliki target atau tujuan tertentu. Akan tetapi bila target tersebut terlalu jauh dan membutuhkan perjalanan panjang untuk mencapainya, maka akan terasa sulit dan melelahkan. Untuk membuatnya lebih mudah, cobalah buat target harian yang lebih sederhana. Mulai dengan membuat to-do-list setiap hari sebelum memulai hari. Setiap kali berhasil memenuhi target harian tersebut, Anda pasti akan merasa puas dan bahagia.

 

2. Olahraga rutin

Tidak punya waktu untuk berolahraga? Itu kalau Anda melakukan olahraga berat dan lama. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon dopamine alias hormon kebahagiaan. Hormon ini berfungsi mengatur emosi dan meningkatkan suasana hati. Kurangnya dopamine dalam tubuh dapat mengakibatkan depresi. Jadi, rutinlah berolahraga agar Anda terhindar dari depresi dan senantiasa merasa bahagia.

 

3. Bersyukur

Salah satu cara untuk bahagia adalah dengan bersyukur dan menghargai apa yang dimiliki saat ini. Jadi mulai sekarang, biasakan membuat list apa saja kejadian hari ini yang patut Anda syukuri. Misalnya, terimakasih Tuhan hari ini saya diberikan kesehatan, terimakasihTuhan hari ini saya bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan, terimakasih Tuhan saya bisa mengerjakan semua tugas yang harus diselesaikan hari ini. Hal-hal yang sepertinya sederhana ini saat disyukuri akan membuat Anda lebih menghargai keadaan dan mendatangkan kebahagiaan tersendiri.

 

Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat membangkitkan rasa bahagia

 

4. Tata ulang atau rapikan ruangan

Bekerja di tengah ruangan yang berantakan dengan begitu banyak target yang harus dicapai, tentu membuat kepala kian terasa penat dan hati semakin teriris. Untuk memperbaiki suasana hati, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk sedikit berbenah, merapikan atau menata ulang ruang kerja Anda. dengan ruangan yang lebih tertata rapi, hati Anda akan lebih riang, pikiran pun lebih tenang bekerja. Hal sama bisa Anda lakukan juga di rumah. Ajak si kecil untuk menata rumah bersama. Selain mengajarkan hal baik, suasana hati Anda sekeluarga juga akan menjadi lebih baik dan kompak.

 

5. Habiskan waktu bersama keluarga

Terkadang pekerjaan yang menumpuk, seakan tiada habis, menyita begitu banyak waktu Anda sehingga taka da waktu lagi untuk bercengkerama bersama keluarga. Tentu saja hal ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Cobalah ambil libur 1-2 hari, habiskan waktu ibur tersebut bersama kelaurga. Anda bisa pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh, sekedar bersenang-senang bersama. Atau bisa saja Anda bersantai di rumah, menikmati waktu menonton film favorit bersama suami dan anak-anak. Percayalah, hal tersebut akan membuat Anda lebih berbahagia dan bahkan pada akhirnya lebih produktif di tempat kerja.

 

Tidak sulit kan untuk membuat diri lebih bahagia? Jadi, mulailah dari sekarang, lakukan langkah-langkah mudah di atas, karena Anda dan setiap manusia di dunia ini berhak untuk merasa bahagia.

 

Teks : Setia Bekti | Foto : Dok. Istimewa

 

 

Facebook Comments